Ternyata Suhu Udara Indonesia Bisa Bunuh Virus Korona

In nasional
Ilustrasi Virus Korona
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masih menyebarnya virus Korona, ternyata ada penangkalnya bisa masuk ke Indonesia, yakni suhu udaranya. Hal itu karena belum adanya ditemukan kasus terkonvirmasi infeksi virus novel coronavirus (nCoV) yang berasal daei Wuhan itu ke Indonesia.

Spesialis Mikrobiologi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Fera Ibrahim, mengatakan, Virus Korona dapat mengalami kelumpuhan di tengah suhu 56 derajat Celsius saat berada di luar sel inang atau ketika berada di ruang terbuka.

“Jadi coronavirus itu sensitif terhadap suhu panas,” ujarnya, Selasa (4/2).


Virus, katanya Virus Korona bisa bertahan jika berada di cuaca dingin. Diketahui, masa inkubasi Virus Korona bisa mencapai 14 hari.

“Kita beruntung punya matahari sepanjang tahun. Selain panas, di matahari ada sinar ultraviolet yang bisa menonaktifkan virus tadi. Mudah-mudahan (Indonesia) terus terhindar,” tutur Fera.

Lebih lanjut dia menerangkan virus secara umum, termasuk Virus Korona, merupakan mikroorganisme parasit yang tidak dapat berproduksi di luar sel inang. Virus tersebut baru bisa bereplikasi memperbanyak diri kalau dia sudah masuk ke dalam sel hidup.

Artinya, saat Virus Korona berada di ruang terbuka, belum menjangkiti inang sel, virus tersebut masih dapat dilumpuhkan, salah satunya melalui pemanasan pada suhu sekitar 56 derajat celsius selama 30 menit.

Virus tersebut juga dapat dilumpuhkan dengan alkohol pada kadar tententu dan cairan disinfektan yang mengandung chlorine, hydrogen peroxide, disinfectant, chloroform, dan pelarut lipid.

Penggunaan alkohol sebanyak 75 persen dapat digunakan untuk kulit. Pemanasan selama 20 menit setetah mendidih juga dapat diaplikasikan pada peralatan atau pakaian yang digunakan di daerah tempat virus tersebut berpotensi mewabah.

Sterilisasi alat yang memerlukan perendaman dipanaskan hingga 100 derajat Celsius dapat dilakukan untuk peralatan kecil, mainan tertentu, botol bayi, dan lain-lain. “Selain itu, sinar ultraviolet alamiah, seperti sinar matahari dan udara bersih yang mengalami pertukaran melalui ventilasi ruangan, juga efektif untuk membersihkan virus, termasuk Virus Korona,” tambahnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Pengadaan Barang dan Jasa Daerah Disetop

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Proses pengadaan barang dan jasa untuk daerah di seluruh Indonesia disetop. Hal itu berdasarkan keputusan Menteri

Read More...
warga eks setu ke komnas ham

Komnas HAM : Tanah Eks Situ Krukut Milik Negara

TOL : Tol Desari sudah terbangun, namun warga eks situ Krukut belum terima ganti rugi

Read More...
hoaks korona meninggal di depok

Meninggal Korona di Pasar Musi, Hoaks

KLARIFIKASI : Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono (kiri) saat berbelasungkawa ke kediaman Ani Susanti.

Read More...

Mobile Sliding Menu