Sekolah Alam Youth Khalifa untuk Karakter Siswa

In Pendidikan
Open house SD Sekolah Alam Youth Khalifa

TAMPIL : Siswa-siswa SD Sekolah Alam Youth Khalifa sedang tampil dalam kegiatan Open House. FOTO : SEKOLAH ALAM YOUTH KHALIFA FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – SD Sekolah Alam Youth Khalifa mengadakan kegiatan Open House. Dalam kegiatan yang diadakan sekolah alam dalam naungan Yayasan Aulia Al Kamil tersebut, selain ada penampilan-penampilan siswa, ada juga ada pemaparan tentang pendidikan karakter sejak dini.

Ketua Yayasan Aulia Al Kamil Eddy Joenaidi mengatakan, diadakannya open house untuk mengenalkan Sekolah Alam Youth Khalifa kepada khalayak ramai. Dimana, awalnya berdiri Sekolah Alam Youth Khalifa adalah gagasan dan partisipasi orang tua siswa yang menginginkan sekolah dalam bentuk pengelolaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

“Manejemen sekolah yang berbasis dengan partisipatif orang tua siswa, justri akan membawa dampak yang baik. Karena pendidikan berawal dari keluarga,” ucapnya kepada Radar Depok.


Ditempat yang sama, Lurah Pondok Petir, Rizal Farhan menuturkan, dengan adanya Sekolah Alam Youth Khalifa diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya. Dengan mengedepankan akhlak, kemempinan, dan kemandirian sebagai nilai-nilai dasar pendidikan.

“Sekolah alam bisa memberikan wadah yang baik untuk orang tua yang menginginkan metode pendidikan yang berbeda tetapi tetap berkualitas untuk anak,” katanya.

Dalam talkshow tentang pendidikan, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti menuturkan, ada perbedaan antara generasi sebagai orang tua yang lahir di era analog, tetapi harus mendidik anak mereka yang lahir pada era digital. Tentu harus ada satu hal penting yang harus tetap diwaspadai adalah dampak gadget pada perkembangan dan pola asuh anak, perlunya pendampingan, dan pengawasan terhadap anak dalam berselancar di internet.

“Banyak konten-konten saat berselancar di dunia maya, yang salah satunya adalah konten pornografi,” katanya.

Open House Sekolah Alam Youth Khalifa dilanjutkan dengan talkshow kedua yang bertemakan “Kilas Balik Sekolah Alam di Indonesia” yang disampaikan oleh Lendo Novo yang menceritakan sekolah alam di Indonesia dahulunya tentang kemerdekaan belajar. Jadi, dari gagasan tersebut yang kemudian terwujud sekolah alam yang memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP, sehingga proses pembelajaran dapat terukur.

“Pembelajaran terbaik sejati adalah dengan mengalami, learning by experience sehingga pemahaman yang terbangun tidak hanya melulu soal pengetahuan, namun juga bagaimana soal pengalaman baru dapat menjadi pengetahuan,” terangnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan acara gunting pita pada salah satu bangunan Saung (tempat Belajar Siswa) yang ada dalam area SD Sekolah Alam Youth Khalifa. Acara Open Hous SD Sekolah Alam ini juga diramaikan dan didukung oleh WWF Indonesia dengan Mobile Panda-nya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pemberian cairan disinfektan

490 Liter Cairan Konsentrat Disebar di Sawangan Baru

BERIKAN : Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi menyerahkan cairan konsentrat untuk pengurus RW di STAISKA

Read More...
artikel ketua RT

  Oleh : Adhy Winawan Ketua RT 9, RW1, Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Assalamualaikum wr.wb MELALUI rubik Surat Pembaca ini perkenakan saya

Read More...
belanja online di pasar tugu

Pasar Tugu Terapkan Sistem Belanja Online

INOVASI : Pasar Tugu di Jalan Raya Menpor No. 9 Palsigunung, Kelurahan Tugu, Cimanggis terapkan

Read More...

Mobile Sliding Menu