RSUD Depok Buka Layanan Spiritual

In Metropolis
RSUD bukan layanan spritual
KERJASAMA : Dompet Dhuafa kembali menghadirkan kolaborasi kebaikan. Kali ini terjalin dengan RSUD Kota Depok untuk pelayanan rohani pasien. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – RSUD Kota Depok bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, dalam program pelayanan rohani, kemarin (3/2). Kolaborasi tersebut  mencakup Bimbingan Rohani Islam Pasien (BRP), dan Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah).

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Devi Mayori menyebutkan, pelayanan kerohanian Islam di rumah sakit, menjadi pemenuhan kebutuhan spiritual bagi pasien. “Tak hanya itu, layanan kerohanian juga menjadi salah satu bagian dari penilaian akreditasi,” ujar Devi, kepada Radar Depok, Senin (3/2).

Menurutnya, pelayanan rohani sangat berguna para pasien dalam proses pemulihan. Terlebih lagi, bagi pasien kritis. Itu agar bisa meraih husnulkhatimah. Dia berharap, ilmu yang didapatkan bisa dipraktekkan untuk menuntun ibadah para pasien.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang berkenan menjalin kerja sama dengan kami. Apalagi, dilanjutkan pelatihan fiqh sakit bagi tenaga medis,” ungkapnya.

Terpisah, Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat (BDLM) Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji menuturkan, pelayanan bimbingan rohani sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien, melalui pendekatan spiritual.

Dia menjelaskan, program ini bertujuan memberikan ketenangan dan kesejukan hati, melalui dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar dan bertawakal atas ujian yang dialami. “Dengan begitu, pasien senantiasa menjalankan kewajiban sebagai umat,” ungkap Ahmad.

Dia menambahkan, bimbingan tersebut merupakan bagian yang integral dari pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio-psycho-socio-spiritual. “Dalam tindak lanjut pelayanan BRP, dilanjutkan dengan pelayan home care bagi pasien berkebutuhan khusus pasca menjalani perawatan di rumah sakit,” tambahnya.

Selain BPR, RSUD juga menjalin kerja sama dalam pelayanan pemulasaran jenazah. “Langkah tersebut untuk mengakomodir kebutuhan mobil jenazah bagi kaum dhuafa,” terang Ahmad.

Adapun BPR Dompet Dhuafa telah terlaksana sejak 2005 dan bermitra bersama sejumlah rumah sakit, di antaranya ada RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSU Kab. Tangerang, dan RSU Balaraja Tangerang. Selain itu, ada pula RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Herdjan, RSUD Pasar Minggu, serta beberapa Yayasan Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan dan Mental di Bekasi. (rd)

Jurnalis : Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

YPI Al Muhtadin gelar kompetisi olahraga

Jelang Milad, YPI Al Muhtadin Gelar Kompetisi Olahraga

SIMBOLIS : Ketua YPI Al Muhtadin, Saefudin Zuhri secara simbolis menendang bola sebagai tanda dimulainya

Read More...
Lazfest 2020 selesai 1

Lazfest 2020 Ditutup dengan “Mengepak Sayap”

PENAMPILAN : Siswa kelas XI menampilkan musikalisasi puisi dalam acara penutupan Lazfest 2020, Sabtu (22/02).

Read More...
posyandu pondok petir terbanyak

Pondok Petir Jadi yang Terbanyak Memiliki Posyandu

RESMIKAN : Prosesi pengguntingan pita yang dilakukan Walikota Kota Depok, Mohammad Idris pada presmian Posyandu

Read More...

Mobile Sliding Menu