Public Speaking Bangun Seni Berbicara Efektif

In Metropolis
GOW latih public speaking
SEMINAR : Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Depok berfoto bersama Bhayangkari Cabang Polres Metro Depok, Ikatan Bidan Indonesia, serta Krida Wanita Indonesia (KWI) dalam kegiatan Seminar Public Speaking dengan tema Seni Berbicara Efektif, yang berlangsung di Aula Atmani Adhi Wedhana Polres Metro Depok, Rabu (12/2). FOTO : AGUNG/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Depok bekerjasama dengan Bhayangkari Cabang Polres Metro Depok, Ikatan Bidan Indonesia, serta Krida Wanita Indonesia (KWI) menggelar Seminar Public Speaking dengan tema Seni Berbicara Efektif, yang berlangsung di Aula Atmani Adhi Wedhana Polres Metro Depok, Rabu (12/2).

Ketua Cabang Bhayangkari Polres Metro Depok, Prima Dewi Aftaria Azis Andriansyah mengaku, kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi antara organisasi wanita se-Kota Depok

“Seminar ini juga untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya wanita dalam berkomunikasi secara efektif terhadap sasaran,” ungkap Prima.


Senada, Ketua GOW Kota Depok, Asri Mulyanita mengatakan, pada setiap aktivitas GOW selalu mendukung Pemkot Depok khususnya pada program ketahanan keluarga. Asri berharap, peran perempuan hendaknya bersinergi, dan bukan sebaliknya menjatuhkan.

“Pada seminar public speaking ini menyikapi bagaimana menyampaikan pesan agar bisa dipahami oleh orang yang perlu menerima pesan,” tutur Asri kepada Radar Depok.

Seminar ini menghadirkan pembicara Kepala Bidang Berita Jakarta, Endah Tri Handayani. Materi yang disampaikan di antaranya, bagaimana menyampaikan pesan agar dipahami dan mudah dimengerti oleh orang yang perlu menerima pesan atau seni berbicara yang efektif.

Endah menilai, berbicara bisa berupa speak out atau gesture, singkat, jelas, meyakinkan sebagaimana teori Aristoteles. Selain itu yang menjadi tantangan dan permasalahannya meliputi tidak percaya diri, gugup stres, suara tercekat, sehingga tidak mampu merumuskan ide dan tidak mempunyai kemampuan untuk tampil.

“Seringkali ada yang tidak mampu menghadapi tatapan audien dalam mic, sehingga mengalami perasaan tegang dan nafas pendek. Tangan dan lutut juga bisa menjadi gemetar, semoga dengan seminar ini bisa membangkitkan percaya diri,” terangnya.

Bagaimana agar berbicara lebih percaya diri? Endah mengatakan terlebih dahulu harus ada survei audien. Di antaranya memahami format acara, peserta, indoor atau outdoor, serta ketahui fasilitas komunikasi. Sementara metodenya ada beberapa tahapan, misalnya pidato, talkshow, simulasi, dan gabungan.

“Harus diperhatikan juga penampilan. Mulai dari pakaian, riasan, rambut, bahasa tubuh, ekspresi. Dan yang terpenting jujur menjadi diri sendiri saat menjadi komunikator,” ujarnya.

Sebagai public speaking Endah menegaskan, ada beberapa hal yang harus dihindari. Yaitu memandang rendah audien, menempatkan diri lebih tinggi, menghindari tatapan mata, dan tidak memperhatikan audien. (rd)

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pemberian cairan disinfektan

490 Liter Cairan Konsentrat Disebar di Sawangan Baru

BERIKAN : Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi menyerahkan cairan konsentrat untuk pengurus RW di STAISKA

Read More...
artikel ketua RT

  Oleh : Adhy Winawan Ketua RT 9, RW1, Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Assalamualaikum wr.wb MELALUI rubik Surat Pembaca ini perkenakan saya

Read More...
belanja online di pasar tugu

Pasar Tugu Terapkan Sistem Belanja Online

INOVASI : Pasar Tugu di Jalan Raya Menpor No. 9 Palsigunung, Kelurahan Tugu, Cimanggis terapkan

Read More...

Mobile Sliding Menu