Mobil Walikota Diuji Emisi, Berikut Hasilnya

In Metropolis
mobil walikota di uji emisi
UJI EMISI KENDARAAN : Walikota Depok Mohammad Idris mencoba melakukan uji emisi kendaraan di kawasan Grand Depok City, Kecamatan Cilodong. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok rutin melakukan hal tersebut guna mengetahui tingkat kualitas udara. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna mencegah buruknya polusi gas buang kendaraan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan uji emisi gratis bagi pengendara roda dua maupun empat, pada saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Alun-Alun Kota Depok, beberapa waktu lalu.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati menuturkan, hal itu dilakukan guna mengetahui tingkat kualitas udara. Serta mengetahui efektivitas pembakaran bahan bakar pada mesin. Yaitu dengan cara menganalisa kandungan Carbon Monoxide (CO) dan Hidro Carbon (HC) pada saluran gas buang.

“Uji emisi ini dilakukan secara berkala, biar tahu kualitas udara di Depok,” tutur Ety kepada wartawan.


Tidak hanya mobil dinas di lingkungan Pemkot Depok, namun dibutuhkan juga kesadaran masyarakat, dengan sukarela melakukan perawatan rutin terhadap kendaraannya.

“Kegiatan ini perlu dilakukan secara berkala supaya bisa mengetahui tingkat kualitas udara di Kota Depok,” terangnya.

Selain menguji mobil dinas dan kendaraan masyarakat yang berada di seputaran alun-alun, pihaknya juga menguji kendaraan dinas Walikota Depok, Mohammad Idris. Hasilnya, emisi gas buang dari kendaraan tersebut masih di ambang garis normal dan tidak membahayakan.

“Mobil Walikota Depok telah lulus uji emisi. Hal ini bisa terjadi jika mobil dirawat dengan baik,” kata Ety.

Selain itu lanjutnya, setiap kendaraan yang telah melakukan uji emisi, akan diberi stiker. Stiker yang ditempelkan sebagai tanda kendaraan tersebut telah diuji emisi dan dinyatakan dalam keadaan baik atau masih berada dalam ambang batas normal.

“Dalam setahun, kami melakukan uji emisi sebanyak empat sampai enam kali. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, timbul kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kondisi mobil dengan rajin mengganti oli dan memeriksakan gas buang kendaraan,” tukasnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

You may also read!

glenn fredly meninggal

Musisi Glenn Fredly Tutup Usia

Gleen Fredly.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Salah satu musisi

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Penambahan Positif Korona di Indonesia Diatas 200 Orang tiap Harinya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Hingga Rabu (8/4) sore ini, pemerintah menyatakan ada 2.956 kasus Covid-19 di

Read More...
cegah korona di abadijaya

Masuk RW4 Abadijaya Diperketat

SIAGA : Petugas Kampus Siaga Covid-19 RW4, Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya disela menjalankan tugasnya, Rabu (8/4).

Read More...

Mobile Sliding Menu