Mengintip Giat KWT Khodijah 06 Ratujaya : Keberkahan di Musim Hujan, Panen Sayur Mayur,

In Satelit Depok
KWT Khodijah panen sayuran
PANEN BERKAH : KWT Khodijah 06 saat sedang memanen kangkung dan terong saat musim hujan tiba menjadi keberkahan untuk mereka, di RT 02/06 Kelurahan. Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Selasa (25/02). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Musim hujan tak hanya berbicara soal bencana alam. Justru sebaliknya, hujan menjadi keberkahan Kelompok Wanita Tani (KWT ) Khodijah 06, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung. Mereka berhasil memanen sejumlah sayuran, seperti kangkung, terong ungu, dan terong ijo, di lingkungan tempat tinggalnya. Ini berkat curah hujan yang baik untuk sayuran.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Sejumlah kaum hawa yang sudah memiliki namun terap produktif di buktikan KWT Khodijah 06. Hujan buat mereka lembur, yaitu memanen sejumlah sayuran kangkung, terong ungu, dan terong ijo.


Ketua KWT Khodijah 06, Rodiah mengatakan musim hujan menjadi keberkahan bila di lihat dari sisi yang berbeda, pohon, sayuran, tanaman tentunya menanti musim hujan untuk mengkonsumsi air. Selama musim hujan, lahan tiga milik mereka mengalami panen.

“Jelas ini jadi keberkahan buat kami, apalagi kaum ibu-ibu,” ungkapnya kepada Radar Depok, Selasa (25/2).

Wajah berseri terpancar saat berbincang di kediaman Rodiah, di RT 02. Mereka habis menikmati hasil apa yang dinantikan dan diusahakan selama ini. Hasil bercocok tanam mereka pun diikat satu per satu, mulai dari setengah kilogram (kg) hingga satu kg. Untuk terong mereka memanen lebih dari 25 kilogram, baik terong ijo dan ungu.

Nantinya, hasil sayuran itu akan dikonsumsi anggota dan sebagian dijual ke warung terdekat.

“Pasti kita olah, sama kaya yang lain. kaya bawang, tomat, cabe. Semua kita olah untuk produksi rumahan kita bersama. Kalau ada sisanya baru bawa ke rumah,” terang Rodiah di teras rumahnya, usai memanen sayuran.

Sejauh ini mereka sudah berhasil mendirikan tiga lahan untuk ditanam bahan-bahan olahan produksi mereka secara bersama melalui wadah KWT. Hingga kini, mereka sudah berhasil memanen alpukat, jambu merah dan jambu biji, daun bawang, bawang bombay, dan lainnya.

Peran serta KWT tentu atas camour tangan Ketua RW 06 Kelurahan Ratu Jaya, Sarbini. Dirinya menuturkan untuk keproduktifan warga, tentu ia akan membantu dengan semampunya.

“Salah satunya, saya yang mendorong oara pemilik lahan untuk kita kelola dengan baik. jaminan saya suatu ketika diperlukan, kita akan selesai,” tutup Sarbini. (*)

 

 Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pembunuhan harjamukti tertangkap

Dua Pelaku Pembunuhan di Harjamukti Tertangkap, Sisa Satu Buron

TERTANGKAP : RH dan EP pelaku pembunuhan di Kelurahan Harjamukti sedang dimintai keterangan oleh Polres

Read More...
PDIP semprot disinfektan cipayung

PDIP Semprot RW11 Ratujaya

HADIR : Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriany didampingi pengurus lingkungan saat melakukan penyemprotan disinfektan

Read More...
sembako untuk ODP dan PDP

Sembako untuk Dampak Korona di Depok Siap Dibagikan

SALURKAN : Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana melakukan pengecekan sembako untuk ODP dan

Read More...

Mobile Sliding Menu