Goresan Pena Imam Budi Hartono : IBH : Pers Memiliki Peran Penting

In Politika
Imam Budi Hartono goresan pena
Imam Budi Hartono.

 

Sebagai pilar keempat dalam demokrasi, pers memiliki peran penting di suatu negara. Sebab, tanpa pers, arus informasi tidak bisa tersalurkan, baik dari rakyat ke pemerintah, maupun sebaliknya.

Laporan : Ricky Juliansyah

RADARDEPOK.COM – Seperti yang dituturkan, Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono. Menurutnya, kehadiran pers menjadi bagian penting bagi negara. Dan, sebagai pilar keempat demokrasi, pers memiliki posisi tawar yang tidak bisa dipandang sebelah mata.


“Pers nasional harus menjadi katalisator dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Imam Budi Hartono kepada Radar Depok, Jumat (7/2).

Ia mengungkapkan, selama berkiprah di dunia politik, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tak bisa lepas dari peran media. Menurutnya, media memberitakan dan menjadikan dirinya pejabat publik hingga saat ini.

“Media tentu menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi saya. Saya sosialisasi dan berkegiatan, tentu perlu dukungan media untuk dipublikasi,”  ungkap IBH –sapaannya-.

Tidak hanya itu, sebagai wakil rakyat dari Dapil Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) dan didaulat sebagai Ketua Komisi 4 atau bidang pembangunan, tentunya ia perlu informasi riil di lingkungan, baik pembangunan dari pemerintah maupun kebutuhan rakyat.

“Di tengah keterbatasan waktu kami di dewan, tentu perlu mendapat informasi dari media. Media butuh informasi dari kami, dan kami pun butuh informasi dari media. Menjadi simbiosis mutualisme,” paparnya.

Dengan perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi yang luas, penggiat dunia jurnalistik menjadi bebas untuk berekspresi dengan mendirikan media masing-masing. Menurutnya, media-media tersebut muncul dengan berbagai tujuan.

Dikatakannya, salah satu tantangan terbesar pers saat ini adalah hoax yakni satu bentuk fitnah yang semakin banyak terjadi belakangan ini.

“Hoax atau kabar bohong. Untuk itu, pers harus menjadi garda terdepan dalam memerangi informasi bohong. Karenanya, pers harus jujur menyiarkan berita,” katanya.

IBH pun menyampaikan, HPN sendiri merupakan apresiasi bagi para jurnalis. Sehingga, pada kesempatan tersebut, ia mengucapkan  Selamat HPN kepada seluruh insan pers di Kota Depok, Jabar dan Indonesia pada umumnya.

“Semoga sinergitas yang terbangun dapat terus terjaga dan saya berharap pers tetap berada pada koridornya dan menjaga teguh kode etik jurnalistik bagi para jurnalis,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Pengadaan Barang dan Jasa Daerah Disetop

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Proses pengadaan barang dan jasa untuk daerah di seluruh Indonesia disetop. Hal itu berdasarkan keputusan Menteri

Read More...
warga eks setu ke komnas ham

Komnas HAM : Tanah Eks Situ Krukut Milik Negara

TOL : Tol Desari sudah terbangun, namun warga eks situ Krukut belum terima ganti rugi

Read More...
hoaks korona meninggal di depok

Meninggal Korona di Pasar Musi, Hoaks

KLARIFIKASI : Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono (kiri) saat berbelasungkawa ke kediaman Ani Susanti.

Read More...

Mobile Sliding Menu