Golkar Bawa Perubahan Konkret

In Politika
SILATURAHMI : Pengurus DPD Partai Golkar Kota Depok bersama KPNP usai menggelar pertemuan di kantor DPD Partai Golkar Kota Depok, Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Kamis (20/2). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Konsisten bakal mengusung kadernya maju  dalam Pilkada 2020, DPD Partai Golkar Kota Depok menegaskan akan memperjuangkan dan membawa perubahan yang konkrit untuk masyarakat serta kota berjuluk Sejuta Maulid kedepan.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok, Farabi A. Rafiq mengatakan, kemanapun arah koalisi, Partai Golkar tetap akan memerjuangkan posisi sebagai calon Walikota ataupun Wakil Walikota Depok 2021-2026.

“Yang jelas daya tawar kami harga mati, wali atau wakil, karena ini perintah DPP,” tutur Farabi dalam konfrensi pers usai menjamu perwakilan Koalisi Partai Non Parlemen (KPNP) di Kantor Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Depok, Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya belum lama ini.


Farabi mengatakan, kerjasama tersebut agar jika keluar sebagai pemenang, meski hanya menduduki wakil walikota, Partai Golkar tetap bisa melahirkan sebuah kebijakan yang berdasarkan janji kampanye. Seperti, pembangunan SMA Negeri di tiap kecamatannya yang merupakan janji kampanye lama Partai Golkar kepada pemilihnya.

“Golkar akan membawa aroma perubahan yang konkrit, kalau PKS mau ikut kita dia juga harus berubah, tentu siapapun calonnya nanti akan kita hormati,” papar Farabi.

Kendari, dalam struktur pemerintahan, posisi walikota merupakan pemegang kewenangan dalam menentukan semua kebijakan. Sementara wakil wal kota hanya berada di posisi yang terkesan hanya mengikuti apa yang menjadi keputusan walikota. Farabi menegaskan, bila nantinya Golkar menang dan duduk di kursi wakil wal kota, pihaknya tetap akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Golkar akan membawa aroma perubahan yang konkrit, kalau PKS mau ikut kita dia juga harus berubah, tentu siapapun calonnya nanti akan kita hormati,” tegas Farabi.

Sehingga kesan bahwa posisi wakil walikota hanyalah pendamping dan tak bisa berbuat banyak, dibantah Farabi.

“Golkar bukan partai baru bos, kami partai tertua dan berpengalaman,” pungkas Farabi.

Sementara, Bendahara DPD Partai Golkar Kota Depok, Tajudin Tabri menambahkan,  konselasi politik merupakan hal yang dinamis. Sehingga, pihaknya selalu mengamati perkembangan di parlemen ataupun di internal Parpol masing-masing.

“Golkar saat ini memang masih penjajakan,” imbuh Tajudin

Sejauh ini, kata Tajudin, proses pendekatan Golkar ke PKS masih berjalan dan masih berkomunikasi.

“Sejauh ini masih berjalan, masih komunikasi, nanti pada intinya akan menjadi suatu deklarasi,” papar Tajudin.

Jika berkoalisi dengan PKS, Golkar dipastikan akan mengisi posisi sebagai wakil walikota. Sebab, kepemilikan 12 kursi PKS di parlemen menjadi bekal partai berlambang bulan sabit kembar itu untuk mengusung Walikota Depok. Sedangkan, Golkar lima kursi.

Dengan demikian, jatah walikota diserahkan ke PKS jika nantinya kedua partai tersebut jadi berkoalisi. Namun, bila melihat struktur peraturan pemerintahan, posisi walikota jauh lebih baik lantaran memiliki kewenangan dalam mengeluarkan kebijakan. Sedangkan wakil walikota tak dapat berbuat banyak.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Depok ini pun membantah jika posisi Wakil Walikota hanya sebagai pelengkap tanpa bisa berbuat banyak.

“Oh, itu enggak cerdas. Mungkin emang benar wakil hanya menjadi ban serep tapi kalau di Golkar enggak bisa,” tutur Tajudin.

Sebab, Tajudin mengatakan, sebelum melakukan kerjasama atau koalisi, Golkar akan membuat kerangka kerjasama untuk menentukan hal-hal dalam membangun Kota Depok.

“Nantinya kita akan kerjasama untuk bagaimana kita membangun Kota Depok. Betul (kewenangan ada di walikota) tapi itu kan teknis, kenyataannya kita akan bangun sama-sama,” ucap Tajudin. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pembunuhan harjamukti tertangkap

Dua Pelaku Pembunuhan di Harjamukti Tertangkap, Sisa Satu Buron

TERTANGKAP : RH dan EP pelaku pembunuhan di Kelurahan Harjamukti sedang dimintai keterangan oleh Polres

Read More...
PDIP semprot disinfektan cipayung

PDIP Semprot RW11 Ratujaya

HADIR : Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriany didampingi pengurus lingkungan saat melakukan penyemprotan disinfektan

Read More...
sembako untuk ODP dan PDP

Sembako untuk Dampak Korona di Depok Siap Dibagikan

SALURKAN : Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana melakukan pengecekan sembako untuk ODP dan

Read More...

Mobile Sliding Menu