DPMPTSP Permudah Izin Usaha

In Metropolis
DPTSMP permudah perizinan
TUNGGU PELAYANAN : Masyarakat sedang mengantre untuk mengurus perizinan di kantor DPMTSP. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan di Kota Depok. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, per  1 Januari 2020 meniadakan layanan penerbitan Surat Keterangan Usaha  (SKU) atau Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU).

Kepala DPMPTSP Kota Depok,  Yulistiani Mochtar mengatakan, hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Depok untuk mempermudah proses pembuatan perizinan bagi masyarakat. “Ini sebagai bentuk penyederhanaan prosedur proses perizinan. Agar memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha di Kota Depok,” kata Yulistini kepada Radar Depok, Senin (17/2).

Yulis mengungakpkan, peniadaan ini telah diatur dalam instruksi Wali Kota Depok Nomor 06 Tahun 2019 Tentang Penutupan Layanan Non Perizinan Surat Keterangan Usaha atau Surat Keterangan Domisili Usaha. “Penghapusan SKDU ini juga atas dasar Surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 503/6491/SJ per Tanggal 17 Juli 2019,” bebernya.


Dengan dihapuskannya layanan ini, Yulis berharap dapat meningkatkan indeks kemudahaan berusaha bagi para pelaku usaha. “Semoga dengan adanya peniadaan SKU dan SKDU ini bisa  meningkatkan   penghasilan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Fitriawan mengatakan, di tahun sebelumnya, SKU atau SKDU adalah salah satu syarat pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) untuk menjadi binaan pelaku usaha di DKUM Pemkot Depok.

“Sebelum ada peraturan baru ini, SKU dan SKDU merupakan syarat mutlak untuk menjadi binaan kami,” ujarnya.

Namun demikian, setelah dihilangkan penyederhanaan prosedur ini, pelaku UKM cukup mengisi formulir yang telah disiapkan pihak DKUM untuk pendataan. Aturan ini juga berlaku bagi pelaku UMKM yang berminat, untuk menempatkan kios yang telah disiapkan pemerintah melalui program RPJMD Wali Kota Depok. “Jadi, silahkan bagi pelaku usaha mikro bilamana ingin mendaftar sebagai binaan DKUM, kami siap melayani,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

warga depok terkena virus

Data Korona di Depok : 3 Pasien Positif dan 12 Pasien PDP Meninggal

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Jumlah kasus pasien positif virus Korona yang meninggal di Kota Depok bertambah

Read More...
afifah semprot disinfektan

Afifah Alia Semprot Disinfektan di Gereja HKBP Limo

PEDULI : Bakal Calon Walikota Depok dari PDI Perjuangan, Afifah Alia turun langsung sebagai operator

Read More...
belanja online di hypermart detos

Belanja Online di Hypermart Detos Bisa Lewat WA

ONLINE : Hypermart Depok Town Square (Detos) memberikan kemudahan bagi konsumen dengan belanja online. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu