DKUM Siapkan Kios Bagi KPM

In Metropolis
DKUM siapkan kios bagi KPM
RAPAT : Kepala DKUM Kota Depok, Fitriawan sedang melakukan rapat terkait program 1.000 kios bagi KPM di ruangannya. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok terus memperhatikan kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Depok. Caranya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) memfasilitasi KPM untuk menempati kios UMKM yang sudah disediakan.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan  mengatakan, KPM akan diikutkan dalam program 1.000 kios. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos), untuk mendata mereka yang berminat untuk berjualan.

“KPM yang ingin berjualan bisa mengikuti program ini secara gratis. Syaratnya harus memiliki KTP Depok,” kata Fitriawan, kepada Radar Depok, Senin (3/2).


Dia mengungkapkan, KPM yang sudah terdata dan ingin berjualan, akan ditempatkan di kios yang sudah disiapkan pemerintah Kota Depok. “Kiosnya akan dibuat di mini market, sekolahan, dan puskesmas,” bebernya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan membantu memfasilitasi akses permodalan untuk KPM,  yang membutuhkan modal usaha. Dengan menggandeng lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan lembaga keuangan.

“Bagi program keluarga harapan (PKH) yang modalnya kurang, akan kami arahkan untuk mendapat permodalan ataupun pinjaman. Termasuk hibah dari Baznas Kota Depok,” ucapnya.

Menurutnya, besaran bantuan modal tersebut ditentukan oleh lembaga yang akan membantu permodalan. Kalau besar kecilnya bantuan itu tergantung lembaganya.  “Bantuan modal bisa berasal dari  berbagai instansi/lembaga permodalan, seperti:  Permodalan Nasional Madani, perbankan, koperasi dan lain – lain,” tuturnya.

Dia menambahkan, akan terus mendukung pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat prasejahtera. Semua itu agar mereka bisa mandiri dan tidak bergantung pada bantuan sosial dari pemerintah.

“Peserta program kios bisa berjualan apa saja, Nasi uduk dan jajanan pasar lainnya. Peserta juga akan kami dampingi serta bina agar ekonominya semakin berkembang,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pemberian cairan disinfektan

490 Liter Cairan Konsentrat Disebar di Sawangan Baru

BERIKAN : Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi menyerahkan cairan konsentrat untuk pengurus RW di STAISKA

Read More...
artikel ketua RT

  Oleh : Adhy Winawan Ketua RT 9, RW1, Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Assalamualaikum wr.wb MELALUI rubik Surat Pembaca ini perkenakan saya

Read More...
belanja online di pasar tugu

Pasar Tugu Terapkan Sistem Belanja Online

INOVASI : Pasar Tugu di Jalan Raya Menpor No. 9 Palsigunung, Kelurahan Tugu, Cimanggis terapkan

Read More...

Mobile Sliding Menu