Dinas Harus Selesaikan Program Prioritas

In Metropolis
dinas harus selesaikan program prioritas
RAPAT RKPD : Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, didampingi Sekda Depok Hardiono, Kepala Bappeda Depok Widyati Riyandani dan Anggota DPRD Depok, selepas kegiatan Rapat RKPD Kota Depok tahun 2021. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Di awal tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Depok 2021. Dalam penyusunannya, RKPD yang akan ditetapkan harus sesuai dengan visi, misi, dan prioritas pembangunan Kota Depok.

Pada rapat yang dilaksanakan di Aula Bappeda Gedung Dibaleka 1 lantai 3 tersebut, dihadiri seluruh Perangkat Daerah (PD) atau dinas dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, serta pemangku kepentingan yang berasal dari berbagai bidang.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, PD harus fokus menyelesaikan program prioritas. Sesuai dengan perubahan paradigma penganggaran dari money follow function menjadi money follow program priority. Hal itu dimaksudkan, untuk mendorong pencapaian sistem pemerintahan yang lebih baik, serta meningkatkan kesejahteraan warga.


“RKPD tahun 2021 akan tepat sasaran, anggaran, dan administrasi. Selain juga sesuai dengan visi, misi, serta program prioritas Kota Depok,” ucap Pradi.

Menurutnya, proses penyusunan RKPD 2021 masih sangat panjang. Untuk itu, para Kepala PD diminta untuk secara serius mengikuti jadwal Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Mulai tingkat kelurahan, serta seluruh perencanaan tersebut terdokumentasikan dengan baik.

“Semoga kerja yang bersinergi ini bisa melahirkan banyak gagasan. Tentu saja hasilnya bisa dirasakan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga mengadakan kegiatan konsultasi publik, ini demi mendapat saran dan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2021.

“Kita juga ingin menguatkan koordinasi, sinergisitas, efisiensi, dan efektivitas dalam penetapan prioritas. Serta rencana program kegiatan dan pagu indikatif yang akan dituangkan sebagai masukan bersama guna pemutakhiran rancangan awal RKPD tahun 2021,” ujar Widyati.

Dia menuturkan, pertemuan kali ini sangat penting. Guna memberikan kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat, untuk berperan aktif membangun Kota Depok. Terutama dimulai dari penyusunan dokumen perencanaan. “Konsultasi publik ini merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang rutin dilaksanakan setiap tahun,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Pengadaan Barang dan Jasa Daerah Disetop

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Proses pengadaan barang dan jasa untuk daerah di seluruh Indonesia disetop. Hal itu berdasarkan keputusan Menteri

Read More...
warga eks setu ke komnas ham

Komnas HAM : Tanah Eks Situ Krukut Milik Negara

TOL : Tol Desari sudah terbangun, namun warga eks situ Krukut belum terima ganti rugi

Read More...
hoaks korona meninggal di depok

Meninggal Korona di Pasar Musi, Hoaks

KLARIFIKASI : Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono (kiri) saat berbelasungkawa ke kediaman Ani Susanti.

Read More...

Mobile Sliding Menu