Cabut Izin Operasional Sekolah Tawuran Bukan Solusi

In Satelit Depok
Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Depok, Muhammad Rahmat.
Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Depok, Muhammad Rahmat.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pencabutan izin operasional untuk sekolah yang siswanya kedapatan tawuran, menurut Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Depok, Muhammad Rahmat bisa menyebabkan masalah baru. Karena, jika sanksi tersebut dilakukan, maka sekolah tersebut ditutup dan berimbas kepada siswanya.

“Apalagi kalau jumlah siswanya ada banyak, akan kemana siswa tersebut nantinya jika tempat mereka bersekolah ditutup,” ucapnya kepada Radar Depok.

Rahmat menuturkan, tentunya sekolah-sekolah lainnya belum tentu mau menerima siswa dari sekolah yang dicabut izin operasional tersebut. Tentu ini akan menjadi masalah baru untuk dunia pendidikan di Depok.


“Harus ada solusi yang benar-benar bisa memecahkan masalah tersebut,” katanya.

Menurut Rahmat ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Seperti adanya pembinaan untuk guru dan siswa di sekolah yang bermasalah tersebut. Jadi, guru mendapatkan pembinaan tentang bagaimana mendidik dan membina siswa dengan tepat sesuai dengan permasalahannya. Sedangkan siswanya bisa dilakukan juga hal serupa, tetapi memang sesuai dengan kebutuhan siswanya.

“Siswa yang terlibat tawuran jangan hanya terfokuskan pada pemberian sanksi saja, tetapi juga harus ada pembinaan agar mereka sadar dengan apa yang sudah dilakukannya,” terangnya.

Sistem sekolah juga perlu jadi sorotan dalam pembenahan tersebut, seperti adanya kedisiplinan yang baik antara guru dan siswa. Itu dimaksudkan untuk menciptakan rasa kenyamanan siswa saat berada di sekolah. Dimana, guru bisa menjadi beberapa peran, selain guru bisa menjadi teman, sehingga siswa jadi lebih terbuka dengan apa yang dialaminya.

“Selain itu faktor terpenting lainnya adalah keluarga. Karena, pendidikan yang pertama dan utama ada di keluarga. Orang tua harus bisa mengambil peran dalam merangkul anaknya yang kedapatan tawuran, jadi bisa melakukan pendekatan dengan cara yang tepat untuk menjadikan anak tersebut lebih baik,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

pemberian cairan disinfektan

490 Liter Cairan Konsentrat Disebar di Sawangan Baru

BERIKAN : Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi menyerahkan cairan konsentrat untuk pengurus RW di STAISKA

Read More...
artikel ketua RT

  Oleh : Adhy Winawan Ketua RT 9, RW1, Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoranmas Kota Depok Assalamualaikum wr.wb MELALUI rubik Surat Pembaca ini perkenakan saya

Read More...
belanja online di pasar tugu

Pasar Tugu Terapkan Sistem Belanja Online

INOVASI : Pasar Tugu di Jalan Raya Menpor No. 9 Palsigunung, Kelurahan Tugu, Cimanggis terapkan

Read More...

Mobile Sliding Menu