Belajar Kepramukaan di Perkajum SDIP Attoyibah

In Pendidikan
Perkajum SDIP Attoyibah di sekolah
BELAJAR : Siswa-siswa SDIP Attoyibah yang menjadi peserta Perkajum sedang mendengarkan materi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, Kamis (13/2). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – SDIP Attoyibah yang berlokasi di Jalan H. Maksum, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan mengadakan kegiatan kepramukaan, yakni Perkemahan Kamis-Jumat (Perkajum). Kegiatan yang diadakan di sekolah tersebut, diikuti 189 siswa dari kelas I – VI.

Kepala SDIP Attoyibah, Mimi Ekawati mengatakan, kegiatan tersebut dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk tingkat siaga yakni siswa kelas I – III dan penggalang untuk siswa kelas IV – VI. Siswa di tingkat siaga kegiatan kepramukaannya dari pukul 08.00 – 15.00 WIB di sekolah.

“Tingkat siaga tidak diadakan kegiatan menginap di sekolah, jadi diutamakan lebih pada pengenalan tentang dunia kepramukaan saja,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (13/2).


Sedangkan untuk tingkat penggalang, Mimi menuturkan, siswanya akan menginap di sekolah dengan menggunakan ruang kelas sebagai area tidurnya. Ada banyak materi yang diberikan ke tingkat penggalang, mulai dari pertolongan pertama pada kecelakaan, ketrampilan kepramukaan, dan juga ada kegiatan lintas alam.

Di kegiatan lintas alam, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu mereka berkeliling lingkungan sekitar sekolah. Selama berjalan melintasi jalurnya, ada beberapa pos yang siap untuk menguji pengetahuan kepramukaan pada tiap kelompoknya.

“Ada juga kegiatan jurit malam untuk melatih kebranian mental siswa, dan juga api unggun dan renungan malam,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Nurul Iqbal menjelaskan, kegiatan Perkajum diadakan tiap tahunnya. Tetapi untuk lokasinya dibagi dua tempat, dimana dua tahun diadakan di luar lingkungan sekolah dan setahun diadakan di lingkungan sekolah. Jadi, tidak hanya mengajak siswa untuk mengenal lingkungan sekolah, tetapi mengajak mereka untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang ada di luar sekolah.

“Ada banyak hal yang bisa didapat dari kegiatan pramuka, terutama dalam hal pembentukan karakter. Karena, di dalamnya banyak kegiatan yang melatih kepribadian, sikap dan prilaku siswa,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersih-bersih masjid

3 Tempat Ibadah Sukmajaya di Semprot Disinfektan

MEDIA PEDULI : Petugas saat menyemprotkan disinfektan di rumah ibadah Masjid Al Awami RT 05/01

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Ini Sebaran 2.738 Pasien Positif Korona di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK, JAKARTA - Hingga Selasa (7/4) pukul 12.00 WIB, total ada 2.738 kasus virus Korona

Read More...
beras untuk warga tidak mampu

RW 29, Sukamaju Sebar 150 Paket Beras

SUPLAI BERAS : Ketua RW 29 Kelurahan Sukamaju, Heni Kuncorowati di dampingi Lurah Sukamaju Nurhadi

Read More...

Mobile Sliding Menu