Aktivitas SD Negeri Beji 5 Kota Depok : Fokus Pertahankan Prestasi Kelulusan Hasil UN

In Pendidikan
SDN Beji 5 pertahankan prestasi
BELAJAR MENGAJAR : Suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SD Negeri Beji 5 Kota Depok, Jalan Halmahera Kecamatan Beji, Kamis (13/2). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

Pada tahun 2020, SD Negeri Beji 5 fokus mempertahankan prestasi kelulusan tahun lalu. Pada 2019, sekolah tersebut mendapatkan peringkat pertama hasil Ujian Nasional (UN) terbaik se-Kecamatan Beji.

Laporan: Tanya Audriatika

RADARDEPOK.COM – Kepala SDN Beji 5, Mawardih menuturkan, tahun ini muncul kebijakan baru yang berkaitan dengan ujian. Di antaranya menjadikan Try Out (TO) dari pertama hingga keempat, sebagai tolok ukur keberhasilan ujian tahun ini.

“Kami berusaha menjadikan TO 1 hingga 4 ini sebagai barometer kesuksesan kita tahun ini. Karena kalau tanpa TO, akan sulit menentukan tolok ukur, karena tidak ada Ujian Nasional,” tuturnya.

Selain itu, Mawardih juga menyebutkan, akan mempertahankan beberapa lomba yang pernah berhasil sampai tingkat kota, salah satunya Bulu Tangkis.

“Karena FLS2N tidak ada tingkat kecamatan, langsung ke tingkat kota. Maka kita tengah persiapkan atlet atau perserta yang dinilai mampu memenangkan juara. Kami masih punya andalan, cabang Bulu Tangkis Putra,” tutur Mawardih kepada Radar Depok, Kamis (13/2).

Untuk kegiatan internal, SDN Beji 5 memiliki tim atau pasukan Degung (Gamelan Degung). Degung, yakni sekumpulan alat musik yang dimainkan oleh masyarakat Sunda. Sekolah tengah mengembangkan giat ini, dan menjadikan sebagai program unggulan. Giat ini dikhususkan bagi Kelas IV dan V.

“Mereka biasanya tidak dilombakan, namun menjadi suatu yang khas dari SDN Beji 5. Tahun lalu mereka sempat tampil dalam lomba Pasanggiri. Kami pun tetap melatih dari setiap tingkatan, agar terjadi regenerasi,” tuturnya.

Giat diisi latihan, guna mempertahankan kebudayaan Sunda. Walapun tinggal di Depok, tetapi Degung ini sangat penting untuk anak-anak, supaya belajar untuk melestarikan kesenian Sunda. Giat ini biasanya dijadikan untuk pembukaan acara olahraga.

Dalam satu tim Degung, berisi hingga 12 orang. Maka setiap kelas dibuat menjadi satu regu, total terdapat empat regu, dari Kelas IV dan V-nya. Saat ingin tampil, beberapa anak diambil dari empat ragu tadi.

Diketahui, pada 2020 ini, tepatnya Februari, SDN Beji 5 Kota Depok baru saja menggunakan gedung tingkat dua yang baru rampung. Sebelumnya, awal tahun 2019/2020, sedikit ada hambatan karena adanya pembangunan. Rencananya, lantai 3 akan selesai pada April.(rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

YPI Al Muhtadin gelar kompetisi olahraga

Jelang Milad, YPI Al Muhtadin Gelar Kompetisi Olahraga

SIMBOLIS : Ketua YPI Al Muhtadin, Saefudin Zuhri secara simbolis menendang bola sebagai tanda dimulainya

Read More...
Lazfest 2020 selesai 1

Lazfest 2020 Ditutup dengan “Mengepak Sayap”

PENAMPILAN : Siswa kelas XI menampilkan musikalisasi puisi dalam acara penutupan Lazfest 2020, Sabtu (22/02).

Read More...
posyandu pondok petir terbanyak

Pondok Petir Jadi yang Terbanyak Memiliki Posyandu

RESMIKAN : Prosesi pengguntingan pita yang dilakukan Walikota Kota Depok, Mohammad Idris pada presmian Posyandu

Read More...

Mobile Sliding Menu