5 Daerah Ini Ngajuin Pembangunan LRT, Depok Tidak Termasuk

In Utama
Ilustrasi pembangunan LRT
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Pembangunan LRT mulai memikat untuk beberapa daerah membuatnya, seperti di Kota Depok, Jawa Barat.

Bahkan, berdasarkan penjelasan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi usulan pembangunan LRT dari beberapa daerah sudah sampai ke mejanya.

“Jadi ada 5 kota yang ingin pembangunan LRT, Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, dan Medan,” ungkap Budi Karya Sumadi.


Selain 5 kota tersebut, Kota Depok adalah daerah yang juga mewacanakan membangun moda transportasi berbasis rel, belum ada kejelasan jenis moda transportasi. Apakah berupa LRT, monorel, atau KRL.

Rencana tersebut sudah diumumkan Walikota Depok Mohammad Idris. Informasi tersebut disampaikan melalui akun instagramnya pada 25 Januari 2020, dimana moda transportasi berbasis rel yang dirancang memiliki 4 koridor.

Keempat koridor tersebut, yakni koridor 1 sepanjang 10,8 km yang dimulai dari Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina sampai Stasiun LRT Cibubur. Koridor 2 sepanjang 16,7 km dari TOD Pondok Cina sampai Cinere dan akan terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus.

Koridor 3 sepanjang 10,7 km mulai dari TOD Depok Baru sampai Bojongsari dan koridor 4 sepanjang 13,8 km mulai dari TOD Depok Baru sampai TOD Gunung Putri.

Dalam keterangan unggahan akun tersebut, dijelaskan bahwa rencana ini sudah dikombinasikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

“Dalam diskusi tersebut, salah satunya kami mengusulkan untuk membangun transportasi umum berbasis rel yang nantinya dapat terkoneksi dengan moda transportasi umum lainnya,” tulis Idris.

Namun, di lain pihak, Menhub Budi Karya Sumadi bilang, belum ada pengajuan pembangunan LRT dari Pemkot Depok. “(Usulan membangun LRT) Di Depok malah belum masuk,” urainya.

Pembangunan LRT memang sangat tidak murah, LRT Jakarta saat ini saja yang sudah bertarif komersial tak maksimal. Di Palembang, LRT juga nasibnya sama, butuh subsidi besar untuk mengoperasikan LRT. LRT Jabodebek saat ini belum tuntas pembangunannya, persoalan biaya juga sempat mencuat di proyek patungan BUMN ini. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @radardepok)

You may also read!

Pengadaan Barang dan Jasa Daerah Disetop

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Proses pengadaan barang dan jasa untuk daerah di seluruh Indonesia disetop. Hal itu berdasarkan keputusan Menteri

Read More...
warga eks setu ke komnas ham

Komnas HAM : Tanah Eks Situ Krukut Milik Negara

TOL : Tol Desari sudah terbangun, namun warga eks situ Krukut belum terima ganti rugi

Read More...
hoaks korona meninggal di depok

Meninggal Korona di Pasar Musi, Hoaks

KLARIFIKASI : Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono (kiri) saat berbelasungkawa ke kediaman Ani Susanti.

Read More...

Mobile Sliding Menu