100 Warga Beji Ikut One Day Service

In Satelit Depok
one day service pelayanan warga beji
PROGRAM : Situasi berlangsungnya One Day Service “Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak Usia 0—18 Tahun menuju Indonesia Sadar Adminduk Tahun 2020” di Kantor Kelurahan Beji, Depok. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK.

 

RADARDEPOK.COM, BEJI — Lebih dari 100 warga Kelurahan/Kecamatan Beji terima layanan pembuatan akta kelahiran, yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, di Kantor Kelurahan Beji, Kamis (13/2).

Kepala Seksi Pelayanan Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kota Depok, Budi Muhammad menuturkan, kegiatan tersebut masuk ke dalam program One Day Service.

“Jadi selama satu hari kami disini melayani masyarakat Beji untuk pembuatan akta kelahiran. Jadi, daftar dulu, berdasarkan data pendaftar, baru kami buat akta kelahirannya hari ini juga,” ungkapnya kepada Radar Depok.


Budi menuturkan, kegiatan tersebut berdasarkan Undang-Undang No. 35 tahun 2014 ayat 1, yang berbunyi identitas diri setiap anak harus diberikan sejak kelahirannya. Tercatat, ada sekira 500.000 anak usia 0-18 tahun di Depok.

Pelayanan tersebut, kata dia, memang berlaku untuk usia 0—18 tahun. Kegiatan dilaksanakan pada seluruh (11) kecamatan di Depok dan 13 sekolah.

“1 kecamatan, 1 kelurahan, dan Kelurahan Beji merupakan lokasi yang pertama dijalankan karena kelurahan ini dikenal padat penduduknya,” katanya kepada Radar Depok.

Pelayanan dimulai pada pukul 09:00 WIB sampai 12:00 WIB untuk pendaftaran. Kemudian dilanjutkan pukul 13:00 WIB — 15:00 WIB untuk proses pembuatan dan penerimaan akta kelahiran sesuai banyaknya pendaftar.

“Untuk anak yang lahir dari nikah siri tetap kami layani, namun yang dicantumkan hanya nama anak dan ibunya,” jelasnya.

Menurut salah satu warga Beji, Tari, ini merupakan program yang menguntungkan bagi masyarakat, khususnya Depok sendiri. Tari mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat tidak perlu menunggu lama lagi.

“Kalau bisa diadakan secara rutin, karena biasanya itu waktu pembuatannya itu lama, soalnya menunggu pihak yang lain juga,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersih-bersih masjid

3 Tempat Ibadah Sukmajaya di Semprot Disinfektan

MEDIA PEDULI : Petugas saat menyemprotkan disinfektan di rumah ibadah Masjid Al Awami RT 05/01

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Ini Sebaran 2.738 Pasien Positif Korona di Indonesia

ILUSTRASI   RADARDEPOK, JAKARTA - Hingga Selasa (7/4) pukul 12.00 WIB, total ada 2.738 kasus virus Korona

Read More...
beras untuk warga tidak mampu

RW 29, Sukamaju Sebar 150 Paket Beras

SUPLAI BERAS : Ketua RW 29 Kelurahan Sukamaju, Heni Kuncorowati di dampingi Lurah Sukamaju Nurhadi

Read More...

Mobile Sliding Menu