YPMAI-Alif Latih Smartphone for Smart People

In Pendidikan
YPM Al Alif pelatihan
DISKUSI : Para peserta sedang mendengar materi pelatihan yang diselenggarakan YMPAI bersama dengan Rumah Baca ALIF Depok, Minggu (19/1) di Apace Archery Range, Jalan Gandaria No. 31 Kavling Pertanian Grand Depok City. FOTO : YMPAI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK ─ Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia (YMPAI) bersama Rumah Baca Alif Depok, bekerja sama menggelar pelatihan bertajuk Smartphone for Smart People, Minggu (19/1). Sebanyak 20 peserta remaja yang berasal dari Jakarta, Depok, dan Bogor turut serta meramaikan kegiatan ini di Apace Archery Range, Jalan Gandaria No. 31 Kavling Pertanian Grand Depok City.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian materi terkait fitur – fitur Google untuk kegiatan belajar sekolah dan kehidupan sehari – hari. Dilanjut materi mengenali aplikasi CANVA yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral Institut Ibu Profesional (IIP) Depok, Sheila Ulfia Putri.

“Fitur – fitur ini dapat mempermudah tugas sekolah, menjadi lebih efisien dan efektif tanpa harus pakai laptop. Dan aplikasi CANVA ini juga mampu memudahkan untuk membuat sesuatu yang berkaitan dengan printing, seperti brosur atau flyer,” ungkap Sheila, kepada Radar Depok, Selasa (21/1)

Sesi siang dilanjut dengan tema Save Your Brain, Save Your Life yang diisi pembicara dari Founder dan Direktur YMPAI dan Rumah Baca ALIF, Julie Rostina. Sesi tersebut memaparkan pembahasan terkait perkembangan, manfaat dan bahayanya penggunaan teknologi digital jika secara tidak bijak.

“Jika tak arif dalam penggunaannya, teknologi digital seperti smartphone berpotensi menyebabkan kecanduan ringan hingga berat,” tuturnya.

Sayangnya, menurut Julie, masyarakat kita masih banyak yang belum mengetahui tata cara apa saja yang harus diketahui dalam penggunaan smartphone agar tak membahayakan.

“Penggunaan smartphone misalnya mampu mengakibatkan kecanduan yang berujung mengecilnya prefrontal cortex, yaitu bagian otak yang membedakan antara manusia dengan hewan. Bayangkan jika hal tersebut rusak, maka perilaku manusia bisa sama atau bahkan lebih buruk daripada hewan,” tutupnya.(rd)

 

Jurnalis : Tanya

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

ILUSTRASI Cuaca BMKG

BMKG: Waspada Hujan Lebat pada Dini Hari di Jakarta

ILUSTRASI     RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan pada Selasa

Read More...
jambret ketangkep di sawangan

Ini Cara Masyarakat Sawangan Hukum Penjambret

AMANKAN : Babinsa Kelurahan Bedahan, Serka Nurhidayat mengamankan pelaku jambret di Jalan H Sulaiman, Kelurahan

Read More...
longsor di kecamatan sawangan

Jalan Kutilang BSI Pengasinan Longsor

WASPADA : Titik longsor di Jalan Kutilang RT2/12, Kelurahan Penagsinan, Kecamatan Sawangan, Selasa (25/2). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu