Warung Bangkrut Karena Pinjaman Online

In Satelit Depok
warung bangkrut karena pinjaman online
KEGIATAN : Kelurahan Sukatani adakan kegiatan sosialisasi tentang mafia pinjaman online, di Aula Kelurahan Setempat. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Menanggapi banyaknya aduan warga terkait pinjaman online dan bank keliling, Kelurahan Sukatani menggelar sosialisasi terkait mafia pinjaman online, bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan Lembaga Bantuan Hukum.

Lurah Sukatani, Yan Cahyanto mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait maraknya kasus pinjaman online.

“Kami mencoba memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan bank keliling serta pinjeman online yang sedang marak terjadi,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (17/1).

Dirinya juga mengungkapan, warga Sukatani sudah beberapa yang menemuinya untuk meminta bantuan akibat terjerat oleh pinjaman online.

“Sudah lumayan banyak yang datang ke saya, mengeluh karena terlilit hutang dari pinjaman tersebut. Bahkan, ada yang sampai menjual rumahnya untuk melunasi hutang yang terus berbunga itu,” jelas Cahyanto.

Cahyanto pun mengimbau kepada masyarakat, khususnya Sukatani untuk sebisa mungkin menjauhi yang namanya bank keliling ataupun pinjaman online, selain bunganya yang cukup besar, ini juga dapat merugikan diri sendiri.

“Untuk masyarakat, dihimbau untuk tidak mudah tergiur dengan syarat yang begitu mudah dalam mengajukan pinjaman. Serta teliti kembali berapa persen bunga yang harus dibayar, jangan samapi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata.

Sementara itu, masyarakat Sukatani, Mulyadi megungkapan dirinya juga sudah pernah melakukan pinjaman kepada bank harian, yang keliling setiap hari dari rumah ke rumah.

“Waktu saya belum ada uang untuk bayar, penagih setiap hari ada di warung saya. Sehingga warga yang mau ke warung merasa takut akhirnya lama kelamaan warung menjadi sepi dan akhirnya bangkrut. Untuk itu, saya tidak akan pinjam uang kepada bank keliling lagi,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

ILUSTRASI Cuaca BMKG

BMKG: Waspada Hujan Lebat pada Dini Hari di Jakarta

ILUSTRASI     RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan pada Selasa

Read More...
jambret ketangkep di sawangan

Ini Cara Masyarakat Sawangan Hukum Penjambret

AMANKAN : Babinsa Kelurahan Bedahan, Serka Nurhidayat mengamankan pelaku jambret di Jalan H Sulaiman, Kelurahan

Read More...
longsor di kecamatan sawangan

Jalan Kutilang BSI Pengasinan Longsor

WASPADA : Titik longsor di Jalan Kutilang RT2/12, Kelurahan Penagsinan, Kecamatan Sawangan, Selasa (25/2). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu