Sukmajaya Fokus Pemerataan Pembangunan

In Satelit Depok
musrenbang kelurahan sukmajaya
PEMBANGUNAN MERATA : Terlihat LPM Kelurahan Sukmajaya Suwarno saat memberikan arahan tata cara pelakasanaan Musrenbang Kelurahan Sukmajaya, Selasa (21/1). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Dalam mempercepat dan efisiensi pembangunan infrastruktur di tingkat kelurahan, Pemerintah kota Depok telah kucurkan dana tiap Kelurahan Rp2,5 miliar per tahunnya,baik untuk pembangunan fisik dan non-fisik. Karenannya, dalam Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrenbang), Kelurahan Sukmajaya ingin ada pemerataan pembangunan di wilayahnya.

”Dalam pemanfaatan anggaran tersebut kami mengikuti perwa berdasarkan juklak juknis yang sudah ada , ” Ujar Lurah Sukmajaya Achmad Munandar  kepada Radar Depok, Selasa (21/1).

Dari anggaran itu, pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat  Rp1 miliar untuk pembangunan infrastuktur yang dibagi empat pos anggaran , dua  untuk pembangunan drainase,dan dua untuk jalan lingkungan (jaling).

“Kemudian Rp1,5 miliar difungsikan untuk pemberdayaan masyarakat antara lain Seni, Sosial Ekonomi dan lain lainnya, total sebanyak 27 item,” tambah Achmad.

Ia mengungkapkan, dari 27 item yang diprioritaskan adalah pemberdayaan masyarakat dengan mendorong pelaku UMKM diwilayah sukmajaya bisa lebih menggeliat .

“Kami mempunyai sekitar 13 RW di Kelurahan Sukmajaya.saat ini baru dibentuk koordinator UMKM per kelurahan, dan baru terdaftar sekitar 40 pelaku UMKM, ” ungkapnya.

Achmad menambahkan, di sektor pemberdayaan, wilayahnya memiliki UMKM yang berbasis home industri, berupa produk kue dan juga kerajinan pot batik yang kedepannya akan dijadikan produk unggulan di Kecamatan Sukmajaya, bahkan di Kota Depok.

Sedangkan, untuk pembangunan infrastruktur jalan secara fisik sudah 99 persen , tinggal sekitar 50 persen drainase kebutuhan drainase.

“Maka kami akan terus berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan terus berupaya meningkatkan pelaku UMKM.  Kita selaku wajah pak walikota di wilayah, berupaya mewujudkan visi misi pak Walikota Depok yang unggul, nyaman, dan religius Mudah-mudahan visi misi pak Walikota dan Wakil Walikota di akhir jabatan terwujud dan terealisasi, ” pungkasnya.

Sementara, LPM Sukmajaya Suwarno berharap seluruh usulan dapat terealisasi. Sehingga warga bisa merasakan pembangunan secara merata yang digulirkan dari pemerintah.

“Semua sudah mengajukan dari masing-masing RW. sekarang tinggal usaha agar bisa terealisasi semuanya dengan baik,” ucap Warno.

Seperti diketahui hadir dalam Musrenbang, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna , Anggota DPRD Depok Endah Winarti dan Turiman,  LPM Sukmajaya Suwarno, serta tokoh masyarakat, RT /RW setempat. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

styrofoam penuhi kali laya

Styrofoam Penuhi Kali Laya

KOTOR : Aliran Kali Laya tak terlihat akibat terhalang sampah, belum lama ini. FOTO :

Read More...
rencana jalan margonda berbayar

Jalan Margonda Berbayar Mandek

MASIH BELUM JELAS : Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Raya Margonda. Wacana penerapan berbayar dikawasan

Read More...
KPU cari anggota PPS

KPU Cari 189 Anggota PPS

LAUNCHING : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat memberikan sambutan dalam Launching Tahapan Pilkada

Read More...

Mobile Sliding Menu