SDN Debar 2 Terapkan Karakter Siswa

In Pendidikan
kegiatan olahraga di SDN Depok Baru 2
ASIK : Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa SDN Depok Baru 2, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : SDN DEPOK BARU 2 FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK ─ SDN Depok Baru (Debar) 2 telah menerapkan program belajar dari segi karakter, yaitu Pendidikan Karakter Siswa. Tujuannya, agar anak mampu memacu ketika melakukan ujian ke sekolah yang akan di tuju atau inginkan.

Kepala SDN Depok Baru 2, Hanik Nurlaila mengaku, merutinkan kegiatan Salat Duha di minggu pertama dan Salat Jumat. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa mampu menjadi anak dengan akhlak yang mulia, tidak hanya unggul, berprestasi, santun, dan berwawasan luas.

“Karena di 2021 mendatang, Ujian Nasional (UN) ini tidak lagi menjadi paspor anak untuk masuk sekolah negeri. Jadi diterapkan program ini, agar anak mampu memacu dirinya ketika ujian ke sekolah yang ia inginkan,” ujarnya kepada Radar Depok, Senin (20/1).

Adapun untuk menunjang program tersebut, dilakukan giat setiap harinya mulai senin hingga jumat. Di antaranya, senin dilakukan briefing dan evaluasi bersama siswa setelah upacara bendera di lapangan, selasa diadakan kegiatan belajar outdoor diselingi menyanyi lagu nasional per-minggunya.

“Kamis juga kita adakan kegiatan literasi dan menulis buku harian. Tujuannya agar mereka terbiasa membaca dan menulis,” tuturnya.

Tepat di dekat halaman sekolah terdapat enam boks yang bertuliskan kelas I hingga IV. Boks Pendidikan Karakter Anak ini diperuntukan bagi para orang tua yang ingin menitipkan bekal kepada anaknya tanpa perlu mengantarkan langsung.

“Jadi saya buat ini untuk menghindari orang tua yang bergerombol di sekolah. Mereka hanya diperbolehkan masuk ketika jam istirahat dan pulang sekolah saja,” tutupnya.

Diketahui, di 2019 SDN Depok Baru 2 sempat membuat Greenhouse yang mengantarkan mereka mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Kota dan sekarang tengah mempersiapkan tingkat provinsi. (rd)

 

Jurnalis : Tanya

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

fasilitas alun-alun belum tertata

Tahun Depan Alun-Alun Depok Dibatasi

SAMBUTAN : Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati saat memberikan sambutan kegiatan Peringatan Hari Peduli

Read More...
komunitas mural depok 3

Komunitas Mural Depok : Setiap Gambar Berestetika dan Memiliki Makna (3-Habis)

KREATIF : Anggota komunitas Mural Depok sedang menggambar sosok seorang perempuan. FOTO : ISTIMEWA   Komunitas Mural

Read More...
Transportasi berbaris rel

Transportasi Berbasis Rel Terealisasi 2022

CINDERAMATA : Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana memberikan plakat kepada Direktur Prasarana  BPTJ Edi

Read More...

Mobile Sliding Menu