KPU Cetak Rekor Rekrutmen PPK

In Politika
KPU cetak rekor rekrutmen
SUPERVISI : Ketua KPU Kota Depok, bersama jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok saat mendampingi Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan melakukan supervise tahapan pendaftaran rekrutmen PPK di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Nomor 19, Kelurahan Depok, Pancoranmas, Jumat (24/1). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pada Pilkada 2020, KPU Kota Depok mencetak rekor baru. Pasalnya, dalam tahapan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), penyelenggara Pemilu tingkat Kota Depok ini mencatat 272 Calon Anggota PPK yang mendaftar.

Karenannya, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna dan jajarannya menyambut gembira tahapan pendaftaran tersebut. Sebab, tahapan yang dibuka selama tujuh hari sejak 15-24 Januari itu melebihi ekspektasi dan disambut antusias oleh putra-putri terbaik Depok.

Sesuai dengan jadwal yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, bahwa pendaftaran Calon Anggota PPK dilaksanakan 15 Januari s/d 24 Januari 2020.

“Setelah ditutup, Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan senang karena antusisme masyarakat yang ingin terlibat sebagai penyelenggara (PPK) cukup tinggi, diluar ekspektasi, bahkan bisa dikatakan mencetak rekor baru di banding Pemilu 2019,” kata Nana kepada Radar Depok.

Sehingga, tahapan rekrutmen PPK ini pun pihanya tidak memperpanjang masa pendaftaran, karena kuota yang dibutuhkan telah melebihi target yang diinginkan. Setelah ditutup, KPU Kota Depok telah menerima berkas sebanyak 272 orang pelamar yang mencalonkan diri sebagai Anggota PPK.

“Per 24 Januari 2020, tepat pukul 16.00 WIB, KPU Kota Depok menutup pendaftaran tahapan Pendaftaran Rekrutmen Anggota PPK untuk Pilkada Depok 2020, karena telah sesuai target, bahkan lebih, karena sampai 272 pelamar,” ucapnya sumringah.

Ia merinci, jumlah tersebut, berasal dari Kecamatan Beji 22 orang, Bojongsari 15 orang, Cilodong 20 orang, Cimanggis 22 orang, Cinere 13 orang, Cipayung 21 orang, Limo 19 orang, Pancoranmas 37 orang, Sawangan 24 orang, Sukmajaya 46 orang dan Tapos 33 orang.

Setelah tahapan penerimaan berkas ini, Nan melanjutkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas administrasi, kemudian akan diumumkan calon anggota PPK yang dinyatakan lulus administrasi pada 28 Januari 2020.

Setelah diumumkan, KPU Depok berharap kepada masyarakat dapat memberikan masukan, tanggapan atau informasi apapun terhadap mereka yang lulus administrasi, karena informasi atau tanggapan itu akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan siapa-siapa saja yang akan dipilih untuk menjadi Anggota PPK dalam Pilkada Kota Depok 2020.

“Kami berharap nanti akan terpilih Anggota PPK yang berintegritas, memiliki kemampuan dan kecakapan sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik kedepan,” pungkasnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Bawaslu Kota Depok yang senantiasa memberikan masukan dan mengingatkan rambu-rambu kepada KPU. Bahkan, di hari terakhir Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan dan jajaran komisiner Bawaslu Kota Depok melakukan supervisi terkait tahapan tersebut langsung ke Kantor Sekretariat KPU Kota Depok.

“Terima kasih kepada Pak Abdullah dan rekan-rekan jajaran Bawaslu Kota Depok mau bertandang ke kantor kami dan memberikan masukan berarti dalam tiap tahapan, dalam hal ini rekrutmen PPK,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan mengapresiasi kerja-kerja KPU Kota Depok dalam tahapan rekrutmen PPK ini. Sebab, sudah dijalankan sesuai mekanisme yang ditentukan dalam PKPU.

“Karena bagaimana pun, ini merupakan struktur penting dalam bagian penyelenggara, dan fungsi kami di Bawaslu melakukan pengawasan dalam tahapan ini,” kata Abdullah.

Ia menguraikan, pengawasan Bawaslu sendiri meliputi syarat formil administrasi terpenuhi, termasuk adanya tahapan tanggapan masyarakat. Karena, visi besar KPU dan Bawaslu selaras, selain administrasi terpenuhi juga struktur penyelenggara juga dapat menjadi penyelenggara yang independen dan berintegritas.

“Kami percayakan ke KPU, karena mereka ada mekanisme internal sendiri, proses seleksi yang dilakukan, kami di Bawaslu memastikan agar tahapan ini berjalan sesuai ketentuan per Undang-undangan maupun PKPU,” pungkasnya.

Ia mempercayakan tahapan ini ke KPU, sebab dalam mekanisme internal sendiri, selain seleksi administasi, ada tahapan CAT, pendalam di wawancara. Bahkan, nanti ada ruang bagi public untuk menyampaikan tanggapan.

“Ruang ini juga yang akan Bawaslu gunakan dalam fungsi pengawasan. Harapannya agar yang menjadi penyelenggara adhoc ini dapat menjaga netralitas disamping persyaratan formilnya terpenuhi,” tutup Abdullah. (rd)

 

Tentang Rekrutmen PPK Pilkada Depok :

– Pendaftaran dibuka 15-24 Januari 2020

– Cetak Rekor Baru dengan 272 pendaftar

– Terbanyak Kecamatan Sukmajaya, terendah Cinere

– Beji 22 orang

– Bojongsari 15 orang

– Cilodong 20 orang

– Cimanggis 22 orang

– Cinere 13 orang

– Cipayung 21 orang

– Limo 19 orang

– Pancoranmas 37 orang

– Sawangan 24 orang

– Sukmajaya 46 orang

– Tapos 33 orang

– Diapresiasi Bawaslu Jabar

– Tahapan selanjutnya Pengumuman lolos Administrasi 28-29 Januari

– Tes tertulis/CAT 30 Januari

– Pengumuman hasil seleksi tertulis 3 Februari

– Tanggapan Masyarakat Tahap I 28 Januari-5 Februari

– Wawancara 8-10 Februari

– Tanggapan Masyarakat Tahap II 15-21 Februari

– Pengumuman pasca Tanggapan Masyarakat 26-28 Februari

– Pelantikan PPK 29 Februari

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

komunitas mural depok 3

Komunitas Mural Depok : Setiap Gambar Berestetika dan Memiliki Makna (3-Habis)

KREATIF : Anggota komunitas Mural Depok sedang menggambar sosok seorang perempuan. FOTO : ISTIMEWA   Komunitas Mural

Read More...
Transportasi berbaris rel

Transportasi Berbasis Rel Terealisasi 2022

CINDERAMATA : Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana memberikan plakat kepada Direktur Prasarana  BPTJ Edi

Read More...
rekrutmen PPS diperpanjang

Rekrutmen PPS Diperpanjang Sampai 27 Februari

SUPERVISI : Komisioner KPU RI, Ilham Saputra didampingi Jajaran Komisioner KPU dan Bawaslu Jabar serta

Read More...

Mobile Sliding Menu