Fokus Atasi Kemiskinan dan Pengangguran

In Metropolis
sosialisasi pembangunan kota depok 2020
SOSILASISASI : Walikota Depok, Mohammad Idris memukul gong tanda dibukanya kegiatan sosialisasi pembangunan Kota Depok tahun 2020 di Hotel Bumi Wiyata. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok bersiap melanjutkan pembangunan di tahun 2020. Sejumlah program telah disiapkan, di antaranya pembangunan infrastruktur, peningkatan daya saing ekonomi, kualitas lingkungan hidup, serta ketahanan keluarga.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran juga akan menjadi program yang diprioritaskan pada tahun 2020 ini.

“Termasuk juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” ucap Idris.

Idris mengatakan, program infrastruktur tahun ini akan dibangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah timur di Kecamatan Tapos. Selain itu, pihaknya juga akan melengkapi sarana dan prasarana (sarpras) pelayanan Puskesmas rawat inap 24 jam di setiap kecamatan.

“Pembangunan Taman Kelurahan Terpadu juga akan diselesaikan di tahun ini,” ucapnya.

Selain itu lanjut Idris, dalam rangka peningkatan kualitas SDM, pembenahan di sektor pendidikan menjadi perhatian Pemkot Depok. Di antaranya memberikan bantuan terhadap siswa prasejahtera dan kesejahteraan guru honorer.

“Tentu kualitas pendidikan akan kami tingkatkan termasuk kesejahteraan guru,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya mengalokasikan total anggaran untuk melanjutkan pembangunan tahun 2020 sebesar Rp3,634 triliun. Alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2019 tentang APBD Kota Depok tahun 2020.

Angka tersebut dengan rincian belanja langsung Rp2,188 triliun, dan belanja tidak langsung sebesar Rp1,436 triliun.

“Belanja tidak langsung ini dipergunakan untuk belanja pegawai, hibah, bantuan sosial (bansos), dan lain sebagainya. Dengan pembagian rasio seperti ini anggaran Pemkot Depok berarti normal,” bebernya.

Dia menjelaskan, untuk kelanjutan pembangunan di tahun 2021, akan dimulai dengan tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020. Untuk pembangunannya diarahkan pada tiga hal. Yaitu pembangunan infrastruktur yang berdasarkan persoalan kota metropolitan, permasalahan transportasi lalu lintas, dan permasalahan genangan air di Kota Depok.

“Pembangunan pelayanan masyarakat, pemberdayaan kelompok masyarakat bersifat buttom up, artinya berdasarkan usulan dari masyarakat. Misalnya prioritas pembangunan kantor kelurahan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Baznas bantu korban rumah rusak di bojongsari

Baznas Kota Depok Bantu Tiga Rumah Rusak di Bojongsari

BANTUAN : Baznas Kota Depok di dampingi anggota DPRD Kota Depok dan KecBojongsari mengunjungi rumah

Read More...
volcano team buka kelas

Volcano Team Buka Kelas Reguler Plus

LATIHAN : Atlet Taekwondo Volcano team dari Cakra Rajasa Club berfoto bersama sebelum melakukan pemanasan

Read More...
Alumni FMIPA UI

Alumni FMIPA UI Gelar Pertandingan

TANDING : Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berfoto bersama menjelang pertandingan melawan tim

Read More...

Mobile Sliding Menu