Fix, 852 Jabatan Jadi Fungsional

In Metropolis
sekda kota depok, hardiono
RAPAT : Sekda Depok Hardiono menghadiri undangan rapat KemenPAN-RB terkait perampingan birokrasi, di Jakarta, Kamis (16/1). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), mulai menseriuskan upaya penyederhanaan birokrasi kementerian/lembaga.

Belum lama, dalam rapat koordinasi yang dihadiri sekretaris kementerian dan lembaga diberikan arahan teknis, di Jakarta. Penyederhanaan tersebut di level eselon V, IV dan III yang di rubah menjadi pejabat fungsional.

Sekretaris Daerah (Sekda) Depok, Hardiono mengungkapkan, dalam rapat tersebut KemenPAN-RB memberikan arahan teknis kepada para sekretaris kementerian/lembaga, agar dapat diimplementasikan penyederhanaan eselon di instansi masing-masing. Menurutnya, ini tantangan dalam penyederhanaan birokrasi.

“Transformasi ini berjalan sesuai dengan yang diinginkan Presiden, dimana kita harus menghargai keahlian dan kompetensi,” jelasnya kepada Radar Depok, Jumat (17/1).

Menurutnya, eselon III dan IV di Depok rata–rata menempati jabatan struktrual di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). ASN dengan eselon IIIa menduduki jabatan camat, direktur RSUD, kepala Kesbang, Sekdis, Sekban, Sekretaris Irda, Irban, serta kepala bagian.

Sedangkan, eselon IIIb mengisi jabatan Kasubag, Kabid, Kabag Tu, dan Sekcam. Lalu untuk eselon IVa menduduki jabatan lurah, kepala UPT, Kasi, Kasubid, Kasubag, di dinas, badan, setda, dan setwan. Sedangkan untuk IVb menduduki jabatan Sekel, Kasi di kelurahan, Kasubag TU di UPTD.

“Jika terjadi perampingan, semuanya akan dialihkan ke jabatan fungsional. Hanya lurah dan camat yang tidak. Penerapannya pun menunggu pusat,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati menjelaskan, di Depok tidak ada eselon V. Saat ini ada 146 eselon III dan 706 eselon IV di dalam instansi pemerintahan di Kota Depok.

Dalam surat edaran tersebut tedapat pengecualian bagi lurah dan camat. Sebab saat ini jabatan lurah dan camat diisi eselon III dan IV. “Camat dan lurah jabatannya tidak dihapus,” tegasnya. (rd)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar : (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

ILUSTRASI Cuaca BMKG

BMKG: Waspada Hujan Lebat pada Dini Hari di Jakarta

ILUSTRASI     RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan pada Selasa

Read More...
jambret ketangkep di sawangan

Ini Cara Masyarakat Sawangan Hukum Penjambret

AMANKAN : Babinsa Kelurahan Bedahan, Serka Nurhidayat mengamankan pelaku jambret di Jalan H Sulaiman, Kelurahan

Read More...
longsor di kecamatan sawangan

Jalan Kutilang BSI Pengasinan Longsor

WASPADA : Titik longsor di Jalan Kutilang RT2/12, Kelurahan Penagsinan, Kecamatan Sawangan, Selasa (25/2). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu