DPUPR Depok Cegah Tumpukan Sampah

In Metropolis
DPUPR antisipasi penumpukan sampah
DIBERSIHKAN : Sejumlah petugas SDA PUPR Kota Depok membersihkan sampah yang menghalangi aliran air di kali cabang tengah Jalan Raya Tanah Baru, beberapa waktu lalu. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok masih dilanda musim hujan dengan intensitas cukup tinggi. Jika tidak diantisipasi dengan baik, tak menutup kemungkinan banjir bisa kembali terjadi.

Maka itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengingatkan warga agar meningkatkan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, karena bisa menyebabkan banjir akibat tersumbatnya aliran sungai.

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menegaskan, permasalahan banjir merupakan tanggung jawab seluruh elemen di Depok. Meski dari sisi pemerintahan terus menggenjot perbaikan dan pembangunan infrastruktur seperti drainase.

“Terlebih saat musim hujan ini, volume air akan meningkat. Kesadaran masyarakat harus terus kita bangun,” ujar Dadan kepada Radar Depok, Minggu (26/1).

Dadan mengungkapkan, di Depok terdapat beberapa lokasi yang kerap terjadi penumpukan sampah. Yakni di Kali Laya Kecamatan Cimanggis, Kali Cabang Timur Balai Kota, Kali Pesanggrahan Kelurahan Pasir Putih, dan Kali Cabang Tengah Kelurahan Tanah Baru.

“Sudah kami bersihkan, besoknya menumpuk lagi. Itu perlu kesadaran masyarakat kita tingkatkan, agar banjir tidak menjadi ancaman kita semua,” ujarnya.

Meski telah mengimbau warga, pihaknya juga terus melakukan aksi konkret guna mengatasi penumpukan sampah di beberapa aliran kali. Di antaranya menyiagakan personel Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas melakukan pembersihan.

“Ini merupakan kegiatan rutin Satgas DPUPR. Setiap hari ada yang bertugas mengangkat sampah di kali, terutama di saluran outlet,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bantuan korban longsor sukamaju baru

Rumah Yohanes Terbelah

PEDULI : Pihak Damkar dan Kelurahan saat memberikan bantuan ke korban terdampak bencana di RT

Read More...
longsor di SDN Mekarjaya 30

Tembok SDN Rubuh, 22 KK di Abadijaya Mengungsi

SEKOLAH RUBUH : Salah seorang guru bersama dengan warga saat melihat tembok pembatas yang rubuh di

Read More...
KWT Khodijah panen sayuran

Mengintip Giat KWT Khodijah 06 Ratujaya : Keberkahan di Musim Hujan, Panen Sayur Mayur,

PANEN BERKAH : KWT Khodijah 06 saat sedang memanen kangkung dan terong saat musim hujan

Read More...

Mobile Sliding Menu