Cipas Lombakan Kreasi Olahan Belimbing

In Satelit Depok
lomba kreasi olahan belimbing
PRESTASI : Ketua RW08, Suko di damping Ketua Panitia Lomba Kreasi Olahan Belimbing, Salfi memberikan tropi kepada pemenang di Taman Pijar RW08 Pondok Cibubur, Minggu (26/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Mengangkat produk berbasis kekayaan lokal Kota Depok, UMKM Cisalak Pasar adakan lomba kreasi olahan makanan dan minuman dari Belimbing di sela-sela agenda Car Free Day (CFD), di Taman Pijar RW08 Pondok Cibubur, Minggu (26/1).

Ketua UMKM Cisalak Pasar, Munasik mengungkapkan kegiatan CFD ini memang sudah menjadi agenda rutin ysng dilaksanakan dua bulan sekali.

“Ini salah satu upaya kita untuk mengembangkan UMKM yang ada. Dana yang kita dapat untuk menggelar kegiatan ini juga merupakan hasil swadaya masyarakat,” ucap Munasik kepada Radar Depok.

Ia mengungkapkan, untuk kegiatan CFD kali ini jumlah pelaku UMKM yang ikut serta sekitar 60 orang.

“Untuk yang turut berpartisipasi mengisi bazar kurang lebih 60 stand, ini memang mengurang dari bisanya sekitar 80an. Tetapi kita lihat antususisnya sanga luarbiasa, karena dibarengi dengan berbagai perlombaan, seperti lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD, penampilan kreasi dari sekolah yang ada di Cipas serta ada komunitas satwa Cimanggis yang turut meramaikan kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator lomba olahan belimbing, Salfiya Ning Aziz mengungkapkan, belimbing menjadi salah satu khas dari Kota Depok maka, pihak penyelenggara berinisiatif mengadakan lomba olahan buah kaya vitamin C tersebut.

“Seperti ketahui, belimbing merupakan salah satu produk unggulan di Kota Depok,” tutur Salfi -sapannya-.

Salfi yang juga Sekjen Sekjen DPP Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia (WPMI) ini menjelaskan, peserta yang ikut dalam lomba tersebut dari Kelurahan Cipas maupun wilayah lainnya.

Sedangkan, juara pertama diraih Widyastuti dengan produknya Pie struddle Belimbing, juara 2 Ayu Putu dengan produknya minuman Jus rujak Klasik Belimbing dan juara 3 Dwi Handayani dengan produknya dadar gulung belimbing.

“Semoga dengan adanya lomba ini, belimbing makin digemari masyarakat Kota Depok dan makin dikenal luas dengan kreasi olahan lainnya,” harap Salfi.

Kegiatan tersebut, Salfi menambahkan, juga sekaligus merayakan ulang tahun Remaja Islam Cisalak Pasar (RICIS), dan untuk hasil dari lomba kreasi kuliner, masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan juga uang tunai.

“Panitia berharap dengan adanya acara seperti ini, akan lebih memacu semangat UMKM khususnya kuliner untuk lebih semnagat berinovasi dan berkreasi,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Cisalak Pasar, Syahruddin mengapresiasi semangat dari pelaku UMKM yang ada di wilayahnya.

“Seperti yang dapat kita saksikan, baik pelaku UMKM, panitia hingga masyarakat sangat antusias mengikuti serangkaian yang telah kami buat,” katanya.

Ia berharap, UMKM Cisalak Pasar akan semakin berkembang dan dapat mengangkat kuliner lokal menjadi kembali digemari masyarakat.

“Karena memang, UMKM di sini lebih mengedepankan makanan tradisional yang dapat diangkat kembali dan dapat disukai masyarakat, seperti tape uli, kembang goyang dan lain sebagainya yang dikemas lebih menarik,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor: Pebri Mulya (IG : @Pebrimulya)

You may also read!

fasilitas alun-alun belum tertata

Tahun Depan Alun-Alun Depok Dibatasi

SAMBUTAN : Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati saat memberikan sambutan kegiatan Peringatan Hari Peduli

Read More...
komunitas mural depok 3

Komunitas Mural Depok : Setiap Gambar Berestetika dan Memiliki Makna (3-Habis)

KREATIF : Anggota komunitas Mural Depok sedang menggambar sosok seorang perempuan. FOTO : ISTIMEWA   Komunitas Mural

Read More...
Transportasi berbaris rel

Transportasi Berbasis Rel Terealisasi 2022

CINDERAMATA : Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana memberikan plakat kepada Direktur Prasarana  BPTJ Edi

Read More...

Mobile Sliding Menu