Cinwa Kenalkan Seni Budaya Sejak Dini

In Pendidikan
Cinwa kenalkan seni budaya
KREATIF : Para peserta lomba mewarnai Wayang Potehi yang diselenggarakan Rumah Cinwa dalam rangka Minggu Semata Wayang (Special Imlek), Minggu (26/1). insert: sejumlah peserta menunjukkan hasil karyanya. FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS — Rumah Cinta Wayang (Cinwa) menggelar event bertajuk Minggu Semata Wayang spesial Imlek, pada Minggu (26/1) berlangsung di Taman Kaldera Situ Jatijajar.

Pendiri Rumah Cinwa dan Pendiri Taman Kaldera, Dwi Woro Retno Mastuti mengatakan, tujuan event tersebut guna mengenalkan seni dan budaya sejak dini. Bertemakan Imlek, maka dikenalkan tradisinya, karena Indonesia ber-Bhineka Tunggal Ikka serta beragam budayanya.

“Dalam tradisi Tionghoa peranakan Indonesia, terdapat Wayang Potehi, dan kebetulan sudah punah. Maka salah satu cara kita mengenalkan wayang tersebut ke anak–anak dengan lomba mewarnai gambar wayangnya. Si anak mengenal bagaimana bentuk dari wayang tersebut,” tutur Woro kepada Radar Depok.

Tak hanya lomba mewarnai Wayang Potehi, kegiatan lain yang juga turut meramaikan di antaranya seperti menonton Pertunjukan Wayang Potehi Rumah Cinwa yang berjudul ‘Legenda Asal–Usul 12 Shio’, lalu workshop memainkan Wayang Potehi, Pertunjukan Tari Topeng dari Sanggar Duta Budaya Jatijajar, dan Pelatihan terkait teknik editing yang diisi Tim Komunitas Film.

Para peserta yang hadir merupakan warga sekitar Taman Kaldera dan di special IMLEK ini ada sesi pembagian Angpao. Woro juga menambahkan, dengan adanya giat ia harap mampu membangun bangsa melalui budaya.

“Sebetulnya targetnya bukan hanya anak–anak saja, namun kepada semua kalangan. Kita berharap banyak keluarga yang bisa ikut berpartisipasi dalam giat ini,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

ILUSTRASI Cuaca BMKG

BMKG: Waspada Hujan Lebat pada Dini Hari di Jakarta

ILUSTRASI     RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan pada Selasa

Read More...
jambret ketangkep di sawangan

Ini Cara Masyarakat Sawangan Hukum Penjambret

AMANKAN : Babinsa Kelurahan Bedahan, Serka Nurhidayat mengamankan pelaku jambret di Jalan H Sulaiman, Kelurahan

Read More...
longsor di kecamatan sawangan

Jalan Kutilang BSI Pengasinan Longsor

WASPADA : Titik longsor di Jalan Kutilang RT2/12, Kelurahan Penagsinan, Kecamatan Sawangan, Selasa (25/2). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu