BOS 520 Sekolah Diawasi

In Metropolis
Inspektur pada Irda Kota Depok Firmanuddin
Inspektur pada Irda Kota Depok Firmanuddin.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjaga transparansi keuangan dan meningkatkan pengawasan dalam penggunaan anggaran di Kota Depok. Inspektorat Daerah (Irda) tahun ini, akan mengawasi laporan keungan sekolah. Tidak hanya di sekolah negeri, sekolah swasta juga akan disasar.

Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin mengatakan, program ini merupakan instruksi dari Menteri Keuangan (Menkeu). Tujuannya, untuk memotret tata kelola keuangan sekolah yang mendapatkan anggaran bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat.

“Sebelumnya hanya sekolah negeri. Tetapi tahun ini, kita juga mengecek sekolah swasta, karena mereka juga mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” katanya kepada Radar Depok, Selasa (21/1).


Dia mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan menyoroti keungan di ribuan sekolah negeri maupun swasta, yang mendapatkan kucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan rincian,  Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebanyak 246, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) 26, SD Swasta 71, SMP Swasta 177. “Tapi tidak semua sekolah kami periksa. Hanya beberapa sekolah yang kami sampling,” bebernya.

Dia menjelaskan, hasil penelusuran laporan keuangan yang dilakukan di tahun 2019, menjadi catatan dan pedoman bagi Irda Kota Depok. Untuk pelaksanaan monitoring di tahun ini. Pihaknya juga sudah melakukan standarisasi pemeriksaan laporan keuangan sekolah.

“Dengan demikian, siapapun auditornya nanti mereka akan dibekali kertas kerja yang komponen penilaiannya distandarisasi, sehingga pengolahan datanya lebih mudah,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Ketua DPC Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna

PKS Sindir Pemilihan Wakil Gubernur Jakarta

Ketua DPC Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Setelah dua tahun jalan sendirian. Gubernur

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Sehari Tambah 218 Kasus Korona, Jumlah Tertinggi Perharinya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Hingga Senin (6/4) pukul 12.00 WIB, total ada 2.491 kasus virus Korona

Read More...
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Ini Harta Wagub DKI, Ahmad Riza Patria yang Ternyata Tidak Punya Hutang

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil

Read More...

Mobile Sliding Menu