15 Situ Dijadikan Destinasi Wisata

In Metropolis
disporyata jadikan situ wisata
MENJADI DESTINASI WISATA : Sejumlah warga berada di kawasan Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Disporyata akan terus mengembangkan keberadaan situ untuk dijadikan obyek wisata. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dari puluhuhan situ yang ada di Kota Depok. Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, tengah fokus memaksimalkan 15 situ. Nantinya, belasan situ ini dijadikan destinasi wisata air yang dapat dinikmati masyarakat.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Disporyata Kota Depok, Tatik Wijayati mengatakan,  seluruh situ saat ini tengah dikembangkan untuk jadi tempat wisata. Selain dikembangkan, pihaknya juga rutin melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang di sekitar situ.

“Kami terus kembangkan dan lakukan pemeliharaan di 15 situ yang satu ini dijadikan sebagai tempat wisata,” tuturnya kepada Radar Depok, Kamis (23/1).

Dia mengungkapkan, saat ini ada beberapa situ yang sudah bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata. Diantaranya Situ Rawa Besar, Situ Sawangan, Situ Bojongsari, dan Situ Cilodong. Selain itu juga Situ Jatijajar, Situ Cilangkap, Situ Tirta Gede, dan Situ Sidomukti.

“Juga ada Situ Pancoran Mas, Situ Citaram, Situ Bahar, Situ Gadog, Situ Universitas Indonesia, Situ Pengasinan, dan Situ Pedongkelan yang bisa dinikmati masyarakat untu berwisata,” bebernya.

Dia menambahkan, seluruh situ tersebut tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok. Saat ini telah dilengkapi dengan sarana wisata pendukung seperti kendaraan air, arena bermain anak, arena spot foto, serta jogging track. “Situ-situ kini sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa digunakan masyarakat untuk berekreasi,” tegasnya.

Terpisah, Lurah Kelurahan Cisalak Pasar, Syahrudin berencana akan melakukan pengembangan destinasi wisata di Situ Gadog. Rencananya dimulai dengan memanfaatkan situ sebagai wisata air.

“Kami ingin ke depannya masyarakat bisa berwisata di situ yang ada disini. Karena keberadaannya dapat dimanfaatkan untuk destinasi wisata,” kata Syahrudin.

Menurut Syahrudin, Situ Gadog saat ini telah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memancing. Bahkan, kata dia, penyelenggaraan mancing bersama tersebut sudah empat kali diselenggarakan.

Karena itu, kata Syahrudin, nantinya di situ Gadog akan dibangun taman situ untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH). (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

ILUSTRASI Cuaca BMKG

BMKG: Waspada Hujan Lebat pada Dini Hari di Jakarta

ILUSTRASI     RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan pada Selasa

Read More...
jambret ketangkep di sawangan

Ini Cara Masyarakat Sawangan Hukum Penjambret

AMANKAN : Babinsa Kelurahan Bedahan, Serka Nurhidayat mengamankan pelaku jambret di Jalan H Sulaiman, Kelurahan

Read More...
longsor di kecamatan sawangan

Jalan Kutilang BSI Pengasinan Longsor

WASPADA : Titik longsor di Jalan Kutilang RT2/12, Kelurahan Penagsinan, Kecamatan Sawangan, Selasa (25/2). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu