SMAN 1 Bantah Ada Kunci Jawaban PAS yang Bocor

In Pendidikan
Kepala SMAN 1 Depok, Supyana
Kepala SMAN 1 Depok, Supyana

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ada isu miring menerpa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Depok, kemarin. Kelas 10 sekolah di Nusantara Raya No.317, Depok Jaya dikabarkan membeli kunci jawaban saat Penilaian Akhir Semester (PAS). Isu yang santer tersebut langsung diluruskan pihak sekolah.

Kepada Radar Depok, Kepala SMAN 1 Depok, Supyana Menyangkal isu tersebut. Dia menjelaskan, isu tersebut berawal dari ledek–ledekan siswa terkait pembelian kunci jawaban. Lalu, ada siswa yang tidak terima diledek, dan mengadukan ke orangtuannya.

“Akhirnya jadi armai di grup orangtua SMAN 1. Intinya ada yang saling menuduh,” kata dia, Senin (9/12)

Dia mengungkapkan, ledek–ledekan tersebut berimbas pada keresahan orangtua siswa. Sehingga melahirkan kubu orangtua yang meminta ujian diulang, dan kubu orang tua yang tidak mau ujian diulang.

“Sampai tadi pagi ada beberapa orang tua yang minta ujian diulang,” ungkapnya.

Menurutnya, sulit untuk membuktikan adanya kebocoran dalam ujian tersebut.  Meski demikian pihaknya terus mendapat tekanan dari beberapa orangtua siswa yang ingin dilaukan ujian ulang.

“Ada dua pelajaran yang minta diulang, PKW dan bahasa Sunda,” bebernya.

Dia menjelaskan, sekolah mengambil sikap tidak mengulang ujian, karena menganggap belum tahu kebenaran soal kebocoran kunci jawaban tersebut. Sekolah juga sudah menyebarkan surat kepada orangtua siswa, agar menunggu hasul investigasi sekolah.

“Lihat saja hasil investigasi kita. Kalau misalnya mencurigakan yang nilainya tidak sesuai, maka ya diulang,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika nantinya didapati ada siswa yang ketahuan membei kunci jawaban, pihaknya akan melakukan pembinaan.

“Kalau ada kecurangan supaya jangan sampai melakukannya lagi. Ada juga sanksi berupa tes ulang. Minggu ini hasil investigasinya keluar,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Waspada Bahaya Bahan Tambahan Makanan

  Oleh: Fauzan Solihin Mahasiswa STIKIM Jakarta   HAMPIR semua makanan atau minuman yang ada dijual di pasaran kini banyak mengandung Bahan Tambahan

Read More...
dahlan iskan

Arwana 6 T

  Oleh: Dahlan Iskan   ORANG pun mencibir: beli ikan arwana kok sampai Rp6 triliun.  Saya tidak akan menyalahkan arwana. Juga tidak

Read More...
Ketua LSM Kapok, Kasno

Elektabilitas Masih Tinggi

Ketua LSM Kapok, Kasno   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rilis DPD PKS Kota Depok yang mengerucutkan tiga kader

Read More...

Mobile Sliding Menu