PKS Depok ‘Woles’ Dikepung KDB

In Politika

hafid nasir

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2020 bakal seru. PKS merasa santai atas dukungan Koalisi Depok Bersatu (KDB), yang mengusung Pradi Supriatna. Partai berlambang Padi dan Kapas ini lagi-lagi tetap keukeuh mengutamakan Calon Walikota Depok dari internal partai.

Ketua DPD PKS Kota Depok, Moh Hafid Nasir mengaku, santai dengan kehadiran KDB di Depok. Sebab, menurutnya lahirnya KDB merupakan sebuah dinamika politik yang lumrah terjadi.

“Kita sih santai saja. Karena setiap keputusan untuk mengusung calon kepala daerah itu berada di pusat bukan daerah,” kata Hafid kepada Radar Depok, Jumat (6/12).

Dia mengungkapkan, kalaupun KDB tetap solid mengusung calon mereka (Pradi Supriatna). PKS tidak merasa gentar mengusung calon mereka dalam kontestasi Pilkada Kota Depok tahun 2020 nanti.

Dia menyebutkan, saat ini PKS sudah mengusung lima kandidat calon Walikota Depok untuk maju dalam Pilkada. Diantaranya , dia sendiri, Suparyono, Imam Budi Hartono, T Farida Rachmayanti, dan Amri Yusra. “Siapapun nanti yang akan diusung PKS kami serahkan semuanya kepada pusat,” bebernya.

Kemungkinan kembali mengusung Mohammad Idris sebagai incumbent, Hafid mengaku, partainya masih mengkaji dan melakukan penilaian atas kinerja Idris selama menjabat Walikota Depok. “Kandidat masih diutamakan dari internal partai PKS. Tapi kami juga masih memantau kinerja walikota sekarang berdasarkan RPJMD dan kepuasan dari masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan Hafid, Sekretaris Umum (Sekum) DPD PKS Kota Depok, TM Yusufyah Putra menegaskan, PKS tidak gentar sedikitpun dengan kehadiran KDB. Meski demikian dia memaklumi kehadiran KDB sebagai bagian dari sebuah demokrasi.

“Sah–sah saja dalam dukung mendukung calon kepala daerah. Karena setiap Partai Politik (Parpol) memiliki keinginan dan kebijakan masing–masing,” ucapnya.

Dia menambahkan, meski percaya diri untuk menghadapi Pilkada mendatang. PKS tetap menjalin komunikasi yang baik dengan Parpol di Depok. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan perolehan suara saat Pilkada nanti.

“PKS tetap mencari sahabat untuk berkoalisi. PKS tidak mau sendiri dalam mengusung calon pada Pilkada 2020. Dan berupaya maksimal untuk bisa berkoalisi,” ujarnya.

Dia mengaku, PKS tidak akan jumawa walau menjadi pemenang dalam pemilihan legislatif (Pileg) kemarin. “Kami tetap membuka pintu bagi Parpol lain yang ingin membangun koalisi untuk memenangkan Pilkada Depok 2020 nanti,” tegasnya.

Pengamat Politik, Prof Asep Warlan Yusuf mengatakan, langkah politikus Kota Depok yang digawangi DPC Partai Gerindra Kota Depok, DPC PDI Perjuangan Kota Depok, DPD II Partai Golkar Kota Depok, DPC PPP Kota Depok, DPD PAN Kota Depok, dan perwakilan PSI sangat wajar untuk menjalin konsolidasi.

Namun, kesepakatan yang diambil dengan mengusung satu calon tentu bukan keputusan final. Mengingat, setiap partai politik sama-sama memiliki calon untuk maju di Pilkada Depok. “Semua punya kepentingan, dan mereka sama-sama punya calon. Kita tinggal menunggu koalisi ini akan solid, atau malah bubar,” kata Asep Warlan.

Tinggal kesepakatan yang akan diambil, dan harus ada partai yang rela calonnya tidak diusung. “Tinggal lihat soliditas mereka,” tegas Asep Warlan.

Diketahui sebelumnya, lobi-lobi elit politik ala “Bumi Wiyata” membuahkan hasil, Kamis (5/12) malam. Pertemuan yang berjalan tertutup sedikit alot. Hingga akhirnya sekira pukul 22:00 WIB, para pentolan partai keluar dari Lantai 3 Hotel Bumi Wiyata. Koalisi Depok Bangkit (KDB) yang digadang-gadang solid, mengusung Pradi Supriatna jadi Calon Walikota Depok di Pilkada 2020.

Rapat estafet ini dihadiri Ketua Dewan Pembina DPC Partai Gerindra Kota Depok, Nuroji, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna, Sekjen DPC Partai Gerindra Kota Depok, Hamzah, Ketua Harian DPC Partai Gerindra Kota Depok, Jamaludin, Bendahara DPC Partai Gerindra Kota Depok, Rezki M. Noor. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra), Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Rama Pratama

Senekat Apa Rama Pratama?

BERI PEMAPARAN : Rama Pratama memberikan pemaparan terkait visi dan misinya dalam pencalonan dirinya menjadi

Read More...
Maulid Nabi Muhammad SAW SMP dan SMA Bintara

SMP dan SMA Bintara Kuatkan Karakter Religi

KEAGAMAAN : Ustad Abdul Kaafi sedang memberikan tausiah dihadapan siswa-siswa SMP dan SMA Bintara dalam

Read More...
Ilustrasi pencabulan

Tukang Es Krim di Depok Cabuli Anak di Bawah Umur

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Seorang tukang eskrim keliling bernama Karondo diringkus Unit VI PPA Polres Metro

Read More...

Mobile Sliding Menu