Pembentukan Ekonomi Daerah Melalui PEL

In Ruang Publik

artikelnya indra

 

Oleh : Melani Kasih

NPM : 1906313431

Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia

Jurusan Adm. Keuangan dan Perbankan

 

PEMBANGUNAN ekonomi adalah suatu proses di mana pemerintah daerah melakukan upaya untuk meningkatkan pendapatan perkapita penduduk dalam jangka panjang, mengelola sumber daya daerah dan membentuk hubungan suatu kemitraan dan pihak swasta untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga dapat meningkatkan perkembangan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi jumlah angka pengangguran dalam daerah tersebut.

Upaya meningkatkan pembangunan daerah yang pada umumnya pada daerah pedesaan terdapat pada sektor pertanian. Oleh karena itu, pemerintah daerah melakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggali dan mengembangkan potensi yang ada di wilayah tersebut melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL).

PEL adalah suatu proses dimana kemitraan yang mapan antara pemerintah daerah, kelompok berbasis masyarakat, dan dunia usaha mengelola sumber daya yang ada untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan merangsang (pertumbuhan) ekonomi pada suatu wilayah tertentu.  Menekankan pada kontrol lokal, dan penggunaan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik (A. H. J. Helming). Definisi PEL memfokuskan pada pembangunan berkelanjutan, pengembangan usaha kecil dan menengah, mengurangi kesenjangan antar golongan masyarakat maupun antar daerah, pemingkatan kualitas sumber daya manusia.

Salah satu contoh Pengembangan Ekonomi Lokal di Kota Depok adalah kerajinan tangan yang diberi nama Komunitas Crafter Depok yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Komunitas Crafter Depok dibentuk pada tanggal 20 Oktober 2013 dan kini sudah mencapai ratusan anggotanya. Komunitas ini menekuni beberapa kerajinan tangan seperti kain flannel, rajutan, tas, aksesoris wanita dan masih banyak lagi.

Komunitas Crafter Depok mengadakan workshop dompet flanel pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok di Balai Kota Depok. (Foto: Istimewa/Diskominfo)

Ekonomi dalam Pembangunan Ekonomi Lokal terbukanya peluang dan memanfaatkan tenaga kerja serta modal untuk mencapai prioritas lokal, mendukung inisiatif kewirausahaan baik formal maupun informal, mikro atau besar, memberi fasilitas untuk mengakses pasar dan menciptakan iklim yang kondusif bagi investasi dan aktivitas bisnis.

Lokal dalam Pembangunan Ekonomi Lokal menjadi pemangku kepentingan ekonomi masyarakat daerah, mengoptimalkan sumber daya lokal dan kapasitas lokal untuk membangun serta meningkatkan potensi lokal.

Pengembangan Ekonomi Lokal bertujuan terbangunnya sarana dan prasarana ekonomi mendukung percepatan pengembangan ekonomi lokal, peningkatan PAD dan PDRB, terciptanya kemandirian ekonomi masyarakat lokal, memperbaiki kualitas hidup para penduduk atau masyarakat daerah, meningkatkan pendapatan daya saing antar daerah lain maupun negara lain serta membangun kerjasama dalam suatu wilayah atau daerah.

Strategi PEL dalam arah pengembangannya melakukan pengontrolan perencanaan serta pengembangan lahan maupun pembentukan lahan. Strategi Pengembangan Usaha dalam kaitannya, yaitu membuat pusat bantuan lokal dalam pengaruh Usaha teknologi serta program dalam penetuan usaha skala kecil yang dimana hal ini sangat diperlukan. Upaya pengembangan Sumber Daya Manusia yang dimana memerlukan adanya pelatihan khsusus untuk para pekerja sesuai bidang dai usaha tersebut juga diperlukan sasaran dalam mengembangkan penempatan guna meciptakan keselamatan kerja, serta program ketenagakerjaan Lokal.Pengembangan kesempatan kerja berbasis masyarakat upaya dilakukan dalam pengembangkan kelompok organisasi dengan upaya kemasyarakatan dan kerjasama. (*)

You may also read!

peresmian kampung KB kelurahan gandul

Bunda Elly Resmikan Kampung KB Gandul

DIRESMIKAN : Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida didampingi Kepala DPAPMK Depok Nessi, Camat

Read More...
SD Beji Peduli bencana Banjir

SD di Beji Peduli Korban Banjir

SOSIAL : Kepala SD di Kecamatan Beji memberikan bantuan kepada korban banjir dari SDN Pondok

Read More...
Beasiswa SMA Muhammadiyah 7 Sawangan

6 Siswa SMA Muhammadiyah 7 Sawangan dapat Beasiswa 

PRESTASI : Kepala SMA Muhammadiyah 7 Sawangan, Sahril Sidik (kanan) bersama dengan enam siswanya yang

Read More...

Mobile Sliding Menu