Mengenal FAJI Depok : Targetkan Emas, Pamerkan Dayung Motif Batik Depok (3-Habis)

In Metropolis
basecamp Faji
BASECAMP FAJI : Pemandangan di basecamp FAJI yang berlokasi di bawah Tol Cijago, Kemirimuka, Beji. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Kehadiran Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) Kota Depok, membawa wajah baru di Sungai Ciliwung. Masyarakat tidak perlu lagi was–was lagi untuk berwisata air. Alasannya, karena akan didampingi relawan Ciliwung yang merupakan atlet arung jeram berprestasi.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Ketua FAJI Kota Depok, Dayat tengah bersiap–siap turun ke bawah Sungai Ciliwung, untuk memantau latihan atlet FAJI Kota Depok yang sedang melakukan rutin. Sebelum beranjak dari tempat duduknya, Dayat mengatakan, atlet FAJI Kota Depok tetap melakoni profesi mereka sebagai relawan Ciliwung. Sekalipun mereka disibukan dengan segudang kegiatan pelatihan dan kejuaraan.

Menurut Dayat, basecamp mereka kedepannya akan dijadikan salah satu objek wisata air. Maka dari itu, mereka sedang menyiapkan relawan untuk menjadi operator wisata air arum jeram, yang profesional dengan menjadikan relawan menjadi atlet FAJI.

“Salah satu syarat menjadikan tempat ini wisata air harus memiliki operator yang andal. Dan paham tentang keselamatan air serta paham medan, teknik. Sehingga ketika wisatawan datang ke sini tidak ragu karena skipper mereka adalah atlet arum jeram yang andal dan berprestasi,” ujarnya.

Selain itu, niatnya menjadikan relawan Ciliwung sebagai Atlet FAJI Kota Depok bukan hanya sekedar masalah wisata air. Tetapi, dia ingin agar relawan pegiat lingkungan itu punya prestasi untuk masa depannya kelak. “Kami ingin prestasi yang mereka raih saat ini menjadi modal untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah,” bebernya.

Dia menuturkan, selain mempopulerkan destinasi wisata air Ciliwung kepada khalayak ramai. Faji Kota Depok juga ingin memperkenalkan kekayaan budaya yang ada di Depok salah satunya batik Depok.

“Kami mempunyai alat dayung yang dibuat dengan motif batik Depok. Jadi ketika kami mengikuti kejuaraan arung jeram, semua orang bisa melihat batik Depok,” ucapnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat, FAJI Kota Depok akan menghadapi satu kejuaraan terakhir di Tahun 2019 ini yaitu, Kejuaraan Provinsi Arung Jeram 2019 di Sumedang. Segala sesuatunya sudah mereka persiapkan dengan matang. “Kami sudah sangat siap untuk berangkat ke sumedang 16 Desember ini,” tuturnya.

Dia berharap, FAJI Depok bisa memberikan penampilan yang terbaik sehingga bisa keluar sebagai juara dalam ajang tersebut dan mengharumkan nama Depok. “Target kami tentunya bisa mendulang emas di Kejuaraan Provinsi Jawa Barat ini,” pungkasnya.(rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Waspada Bahaya Bahan Tambahan Makanan

  Oleh: Fauzan Solihin Mahasiswa STIKIM Jakarta   HAMPIR semua makanan atau minuman yang ada dijual di pasaran kini banyak mengandung Bahan Tambahan

Read More...
dahlan iskan

Arwana 6 T

  Oleh: Dahlan Iskan   ORANG pun mencibir: beli ikan arwana kok sampai Rp6 triliun.  Saya tidak akan menyalahkan arwana. Juga tidak

Read More...
Ketua LSM Kapok, Kasno

Elektabilitas Masih Tinggi

Ketua LSM Kapok, Kasno   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rilis DPD PKS Kota Depok yang mengerucutkan tiga kader

Read More...

Mobile Sliding Menu