Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

In Ruang Publik

Artikel desa tarikolot pengmas ui

 

Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah

Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major

Faculty of Public Health

Universitas Indonesia

 

SEBAGAI salah satu perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat tentunya sudah menjadi kewajiban dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) sebagai institusi dan khususnya bagi mahasiswa jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang menjadi garda terdepan untuk terjun langsung ke masyarakat dengan UMKM yang menjadi sasaran utama dalam penerapan ilmu yang di dapatkan selama berkuliah. Melalui kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL), program pengabdian masyarakat dari FKM UI, mahasiswa mengembangkan sistem informasi berbasis data untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk melakukan pendataan dari UMKM dan intervensi serta edukasi nilai-nilai K3 yang nantinya dapat diterapkan di UMKM yang terdapat di Kecamatan Citeureup.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan pada bulan Oktober 2019 ini, mahasiswa jurusan K3 FKM UI turun langsung untuk melakukan pendataan UMKM di Kecamatan Citeureup. Secara geografis, kecamatan Citeureup merupakan kecamatan yang berada di kabupaten Bogor, provinsi Jawa Barat dengan 14 desa yang menjadi bagian wilayah kecamatan Citeureup. Persebaran UMKM kecamatan Citeureup berada di setiap desa diantaranya adalah desa Tarikolot, Gunung Sari, Suka Hati, dan Pasir Mukti. Sebagai gambaran umum, Kecamatan Citeureup sudah cukup terkenal dengan UMKM yang produktif dengan rata-rata nilai pendapatan mencapai puluhan sampai ratusan juta Rupiah per bulannya dan nilai valuasi UMKM yang sudah sangat tinggi dengan berbagai produk usaha, diantaranya yang paling terkenal adalah usaha logam, tekstil, garmen, hingga usaha lainnya yang menjadi unggulan.

Sistem Informasi UMKM atau SiUMKM adalah situs web berbasis data secara daring yang menghimpun keseluruhan informasi mengenai UMKM yang ada di Kecamatan Citeureup. Informasi yang ditampilkan diperoleh dari pendataan yang dilakukan mahasiswa PBL. Proses pendataan dilakukan melalui media kuisioner daring dan wawancara secara langsung ke pemilik UMKM maupun pekerjanya. Secara umum SiUMKM dapat menampilkan data mengenai informasi lokasi UMKM, jenis usaha, serta jumlah UMKM yang tersebar di Kecamatan Citeureup. Pada SiUMKM juga sudah dilengkapi fitur mesin pencari atau search engine yang terdapat pada laman utama dari SiUMKM  sehingga pengunjung dapat mengakses informasi mengenai UMKM yang ada. Sebagai contoh dari penggunaan SiUMKM ini, pengunjung dapat memilih jenis usaha dengan lokasi tertentu di Kecamatan UMKM dan kemudian dapat mengetahui jumlah dari UMKM yang memenuhi kriteria tersebut. Pengunjung dapat mencari usaha logam dengan lokasi di Desa Tarikolot dan kemudian dapat mengetahui jumlah dari UMKM yang bergerak di jenis usaha logam di Desa Tarikolot.

Selain itu, salah satu fokus utama dari kegiatan PBL ini adalah pendataan implementasi K3 yang sudah berjalan di UMKM setempat. Mahasiswa juga berdiskusi secara langsung mengenai bagaimana pentingnya implementasi K3 untuk keselamatan dan kesehatan pelaku UMKM, yaitu pekerja maupun pemilik dari UMKM yang ada. Lewat media kreatif yang diberikan seperti kalender edukasi K3 dan stiker tanda “Tempat Kerja Sehat” menjadi cindera mata yang ditinggalkan untuk membudayakan bagaimana K3 bisa tertanam di setiap kegiatan UMKM. Fokus lainnya, adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan UMKM yang terdapat di Kecamatan Citeureup dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi untuk memasarkan produk masing-masing. Dengan tercapainya Tempat Kerja Sehat serta UMKM yang “melek” terhadap K3 diharapkan UMKM dapat berkontribusi maksimal untuk pembangunan bangsa Indonesia ke depannya. (*)

You may also read!

Rama Pratama

Senekat Apa Rama Pratama?

BERI PEMAPARAN : Rama Pratama memberikan pemaparan terkait visi dan misinya dalam pencalonan dirinya menjadi

Read More...
Maulid Nabi Muhammad SAW SMP dan SMA Bintara

SMP dan SMA Bintara Kuatkan Karakter Religi

KEAGAMAAN : Ustad Abdul Kaafi sedang memberikan tausiah dihadapan siswa-siswa SMP dan SMA Bintara dalam

Read More...
Ilustrasi pencabulan

Tukang Es Krim di Depok Cabuli Anak di Bawah Umur

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Seorang tukang eskrim keliling bernama Karondo diringkus Unit VI PPA Polres Metro

Read More...

Mobile Sliding Menu