Habib Riza Minta Restu Kyai NU

In Politika
habib riza restu Kiai NU
SILATURAHIM : Bakal Calon Walikota Depok, Achmad Riza Alhabsyi (kanan) silaturahim ke kediaman KH Syihabuddin Ahmad (tengah), tokoh dan sesepuh Nahdlatul Ulama Kota Depok. FOTO : DOK.PRI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai komitmen dalam perjuangan untuk maju di Pilkada 2020, Bakal Calon Walikota Depok, Habib Achmad Riza Alhabsyi ditemani oleh Ketua PA GMNI Kota Depok, Adi Febrianto Sudrajat bersilaturahmi sekaligus meminta restu tokoh yang juga Kyai Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok, Kyai Syihabuddin Ahmad, beberapa waktu lalu.

“Silaturahim ini saya lakukan karena rasa hormat saya kepada beliau, sebagai orang tua, guru dan panutan sebagai Ulama yang saya hormati. Saya juga meminta restu beliau untuk maju di Pilkada 2020,” ungkap Habib Riza kepada Radar Depok.

Sementara itu, membaca hasil survei internal PDI Perjuangan Jawa Barat yang dirilis oleh Jaring Suara Indonesia, nama Habib Achmad Riza Alhabsy memiliki peluang besar untuk menantang walikota petahana di Kota Depok. Hal ini disampaikan Direktur Kajian Spidol Merah, Henu Sunarko.

Lembaga tersebut terus mengikuti perkembangan dinamika dan konstelasi politik jelang Pilkada Serentak 2020. Survei itu sendiri memang masih bersifat internal, khususnya PDI Perjuangan Jawa Barat yang di fasilitasi oleh Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Jawa Barat.

Dalam survei yang dilaksanakan 21–27 November 2019 menerapkan metode multistage random sampling dengan jumlah responden awal 440 responden tersebut, nama Habib Achmad Riza Alhabsy mampu menandingi nama-nama seperti Mohammad Idris dan Pradi Supriatna yang notabene adalah pemegang kekuasaan Kota Depok hari ini sebagai walikota dan wakil walikota.

“Hasil survei JSI itu sudah mengindikasikan kekuatan Habib Achmad Riza Alhabsy, bila diberi kesempatan untuk tampil menantang petahana atau calon-calon lain, beliau punya kans bukan saja melawan atau menantang, tapi juga memenangi kontestasi pilkada Depok”, ujar Henu Sunarko.

Disinggung masalah rekomendasi politik sebagai modal maju ke Pilkada, Henu Sunarko berpandangan bahwa soal itu urusan PDI Perjuangan.

“Yang saya tahu, Habib Riza sudah secara resmi mendaftarkan dirinya melalui penjaringan terbuka di DPC PDI Perjuangan Kota Depok, sudah termonitor juga beliau menyosialisasikan itikad untuk maju di pilkada kepada pengurus partai di 11 kecamatan,” tegasnya. Henu menilai, itu artinya ada niat dan kesungguhan untuk benar-benar maju. Dalam catatan Spidol Merah, ada tiga nama yang resmi terdaftar dalam dokumen penjaringan bacalon walikota/wakil walikota Depok, yakni Habib Achmad Riza Alhabsy, Habib Nofel Saleh Hilabi dan H. Nurul Qomar.

Jika menilik tiga nama tersebut lanjut Henu, Habib Riza yang benar-benar berasal dari internal partai. Habib Riza pernah tercatat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan. Sementara Habib Nofel Saleh Hilabi adalah kader Partai Golkar, dan H. Nurul Qomar mantan Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat. Bahkan untuk H. Nurul Qomar ada permasalahan hukum. Kajian Spidol Merah atas hasil survei JSI memang terbatas pada incumbent dan nama yang terdaftar dalam dokumen penjaringan di tingkat DPC Partai.

“Lepas dari terbangunnya koalisi lintas partai, catatan penting dalam survei itu adalah responden cukup mengenal Habib Riza. Jika melihat tingkat dukungan untuk Mohammad Idris sebesar 26,6 persen, Pradi Supriatna 14,3 persen, sementara Habib Riza belum menyentuh 5 persen dukungan, menunjukkan tingkat dukungan yang belum terkonsolidasi secara menyeluruh. Idris dan Pradi kan incumbent, jadi wajar dikisaran 10-20 persen dukungan, tak berbanding lurus dengan Habib Riza yang hari ini adalah masyarakat biasa,” pungkas Henu. (rd)

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Rama Pratama

Senekat Apa Rama Pratama?

BERI PEMAPARAN : Rama Pratama memberikan pemaparan terkait visi dan misinya dalam pencalonan dirinya menjadi

Read More...
Maulid Nabi Muhammad SAW SMP dan SMA Bintara

SMP dan SMA Bintara Kuatkan Karakter Religi

KEAGAMAAN : Ustad Abdul Kaafi sedang memberikan tausiah dihadapan siswa-siswa SMP dan SMA Bintara dalam

Read More...
Ilustrasi pencabulan

Tukang Es Krim di Depok Cabuli Anak di Bawah Umur

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Seorang tukang eskrim keliling bernama Karondo diringkus Unit VI PPA Polres Metro

Read More...

Mobile Sliding Menu