DWP Bawa Pemasukan Besar ke Pemprov Jakarta

In Utama
Djakarta Warehouse Project (DWP)
Djakarta Warehouse Project (DWP).

 

JAKARTA – Bagi sebagian warga Jakarta, Djakarta Warehouse Project adalah acara hura-hura penuh maksiat. Namun, bagi Pemprov DKI Jakarta festival musik elektronik itu adalah sumber pendapatan yang tidak sedikit.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Alberto Ali mengatakan, pada 2017 penyelenggaraan DWP membawa pendapatan pajak sebesar Rp 10 miliar.

“Angka itu mengacu pada pendapatan pajak daerah dari DWP 2017,” kata anak buah Gubernur Anies Baswedan itu.

Jumlah tersebut didapat dari pajak makanan dan minuman serta pajak hiburan. Berdasarkan data perekonomian 2017, pajak makanan dan minuman sebesar Rp 2,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari.

Sedangkan untuk hiburan kurang lebih Rp 7,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari. “Jadi total sebesar Rp 10 miliar,” kata Alberto saat memaparkan pendapatan pajak dari penyelenggaraan DWP 2017 di Balai Kota Jakarta.

Alberto mengatakan, pajak yang dikenakan terhadap objek makanan dan minuman sebesar sepuluh persen. Sedangkan untuk pajak hiburan dikenakan sebesar 20 persen.

Jumlah pendapatan Pemprov DKI dari acara musik tahunan bertaraf internasional itu diperkirakan akan meningkat dengan bertambahnya hari penyelenggaraan yang sebelumnya dua hari menjadi tiga hari.

“Diharapkan dengan kehadiran DWP mengundang banyak wisatawan sehingga Jakarta bisa menjadi satu destinasi unggulan dunia yang akhirnya dalam kegiatan ini berdampak memberikan manfaat pada perekonomian Jakarta,” kata Alberto.

Pemprov DKI Jakarta pun sudah memberikan lampu hijau penyelenggaraan DWP di JIE Expo Kemayoran pada 13- 15 Desember 2019.

“Dinas Pariwisata dan kebudayaan telah memanggil penyelenggara dan mereka sudah memberikan komitmen tertulis yang menyatakan bahwa taat melaksanakan ketentuan berdasarkan peraturan yang berlaku,” kata Alberto saat menjelaskan alasan acara DWP 2019 dapat diselenggarakan kembali di Jakarta. (jpnn/rd)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Waspada Bahaya Bahan Tambahan Makanan

  Oleh: Fauzan Solihin Mahasiswa STIKIM Jakarta   HAMPIR semua makanan atau minuman yang ada dijual di pasaran kini banyak mengandung Bahan Tambahan

Read More...
dahlan iskan

Arwana 6 T

  Oleh: Dahlan Iskan   ORANG pun mencibir: beli ikan arwana kok sampai Rp6 triliun.  Saya tidak akan menyalahkan arwana. Juga tidak

Read More...
Ketua LSM Kapok, Kasno

Elektabilitas Masih Tinggi

Ketua LSM Kapok, Kasno   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rilis DPD PKS Kota Depok yang mengerucutkan tiga kader

Read More...

Mobile Sliding Menu