Depok Siapkan Program Penanggulangan Bencana

In Metropolis
pemkot siapkan program penanggulangan bencana
ILUSTRASI : Petugas membantu mengevakuasi warga dan barang yang terdampak banjir di kawasan Jalan Gotong Royong, Kelurahan Kemirimuka, Kecamaan Beji. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna memantapkan kemampuan penanggualangan bencana di Depok. Pemerintah Kota (Depok) mengirim Kabid Penanggulangan Bencana Kota Depok, Deni Romulo mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) penanggualangan bencana. Selama empat hari 10–13 Desember, Bintek diberikan langsung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jogjakarta.

Kabid Penanggualangan Bencana Kota Depok, Deni Romulo mengatakan, dalam Bintek tersebut dia diberi pelatihan mengenai cara menyusun penanggualangan bencana, dengan melibatkan stakeholder. Merencanakan penanggulangan dari pra bencana, hingga pasca bencana dengan isu strategis bencana di Kota Depok.

“Bintek ini dimaksudkan agar setiap daerah punya rencana penanggulangan bencana masing–masing. Serta bisa menghasilkan output berupa Peraturan Daerah, soal penanggulangan bencana,” kata Deni Romulo kepada Harian Radar Depok, Kamis (12/12).

Dia mengungkapkan, dengan pelatihan yang didapat di sana. Dia akan mendorong agar Pemerintah Kota Depok segera memiliki rencana penanggulangan bencana, dan pengurangan resiko bencana. Hal itu dimaksudkan supaya kedepannya dapat mengurangi resiko bencana di Depok, dengan membuat kelurahan tangguh bencana dan keluarga tangguh bencana.

“Kedepan akan diadakan sosialisasi dengan masyarakat terkait resiko bencana, supaya masyarakat lebih siap dalam menghadapi bencana,” bebernya.

Untuk diketahui, Kota Depok selaku daerah penyanggah Ibu Kota pernah mengalami beberapa bencana alam. Seperti banjir yang melanda wilayah Kelurahan Kemirimuka dan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, serta pohon tumbang di beberapa wilayah. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Rama Pratama

Senekat Apa Rama Pratama?

BERI PEMAPARAN : Rama Pratama memberikan pemaparan terkait visi dan misinya dalam pencalonan dirinya menjadi

Read More...
Maulid Nabi Muhammad SAW SMP dan SMA Bintara

SMP dan SMA Bintara Kuatkan Karakter Religi

KEAGAMAAN : Ustad Abdul Kaafi sedang memberikan tausiah dihadapan siswa-siswa SMP dan SMA Bintara dalam

Read More...
Ilustrasi pencabulan

Tukang Es Krim di Depok Cabuli Anak di Bawah Umur

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Seorang tukang eskrim keliling bernama Karondo diringkus Unit VI PPA Polres Metro

Read More...

Mobile Sliding Menu