Bus Bandara Siap Atasi Lonjakan Penumpang Asal Depok

In Metropolis
terminal depok bus bandara
TAK ADA PENAMBAHAN : Warga beraktifitas di kawasan Terminal Terpadu Kota Depok, Selasa (3/12). Menjelang Natal dan Tahun Barutempat tersebut tidak melakukan penambahan armada angkutan massal. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim libur Natal dan tahun baru Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok belum melakukan persiapan khusus, dari segi pengaturan lalu lintas, maupun transportasinya.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Depok, Marbudi mengatakan, pihaknya masih menunggu Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Perhubungan terkait pengaturan lalu lintas, serta persiapan moda transportasi untuk mengangkut pemudik.

“Kami masih menunggu arahan Kemenhub dan dari Dishub Provinsi Jawa Barat,” kata Marbudi kepada Radar Depok, Selasa (3/12).

Dia menjelaskan, untuk terminal Kota Depok saat ini tidak lagi melayani penumpang tujuan Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Di sana hanya tersedia angkutan kota dan bus menuju bandara.

“Pemberangkatan pemudik adanya di Terminal Jatijajar, itu menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala UPT Terminal Depok, Andromeda mengatakan, pihaknya juga tidak melakukan persiapan khusus jelang arus mudik Natal dan tahun baru ini.

Sebab, armada bus menuju ke bandara Soekarno Hatta yang  tersedia di sana masih cukup menampung para pemudik yang menuju bandara.

“Saat ini jumlah armada bus ada 18 unit. Sembilan unit di sini, sembilan unit di bandara,” bebernya.

Dia mengakui, setiap akhir tahun pasti ada lonjakan penumpang menuju bandara. Dia menyebutkan, jika pada hari biasa penumpang tujuan bandara hanya 600–700 orang, pada akhir tahun bisa mencapai 1.500 orang perharinya.

“Jumlah segitu armada yang tersedia masih sanggup untuk menampung para penumpang,” tukasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor Pebri Mulya

You may also read!

renovasi rumah cagar budaya KOOD Tapos

KOOD Tapos Akan Renovasi Situs Budaya

AGENDA : Rumah yang akan direnovasi oleh KOOD Kecamatan Tapos dan akan menjadikannya sebagai cagar

Read More...
artikel FKM UI pengmas

Pengembangan Sistem Database Online Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja UMKM di Desa Gunung Sari, Kecamatan Citeureup

  Oleh : Mahasiswa Departemen K3 FKM UI Research Assistant  Department Occupational Health and Safety Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SESUAI dengan renstra Universitas

Read More...
Artikel desa tarikolot pengmas ui

Mahasiswa FKM UI Kembangkan SiUMKM Berbasis Data untuk UMKM di Kecamatan Citeureup

  Oleh : Muhammad Fitrah Habibullah Undergraduate Student of Occupational Health and Safety Major Faculty of Public Health Universitas Indonesia   SEBAGAI salah satu perwujudan

Read More...

Mobile Sliding Menu