BPJAMSOSTEK Apresiasi Kejari Depok

In Metropolis
PENGHARGAAN : Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Depok, Indra Iswanto menyerahkan SKK Kejaksaan Semester II Tahun 2019, yang diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Yudi Triadi, pada Jumat (15/11). FOTO : BPJAMSOSTEK FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Depok menggelar rapat monitoring, dan evaluasi penyerahan Surat Kuasa Khusus (SKK) Kejaksaan Semester II Tahun 2019, di Bumi Sampireun D’Mall, Jumat (15/11).

Dalam giat tersebut diserahkan pula penghargaan dan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok. Kepala BPJAMSOSTEK Depok, Indra Iswanto menyebutkan, pertemuan itu sekaligus memberikan penghargaan kepada Kejari Depok di bawah pimpinan Yudi Triadi dan Kasi Datun Neneng, yang telah berhasil dan mengamankan uang negara  SeQ BPJS Ketenagakerjaan.

“Tentunya melalui penagihan piutang kepada perusahaan-perusahaan yang menunggak sejumlah Rp3,7 miliar. Setara dengan 60 persen yang ditargetkan di 2019,” ungkap Indra kepada Radar Depok.

BPJAMSOSTEK yang merupakan badan negara, bersinergi dan bekerjasama dengan memberikan SKK kepada Kejari Depok sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN). Sehingga kerjasama ini sangat efektif dan optimal dilakukan karena memang sudah menjadi tugas pokok dari JPN untuk menyelamatkan uang negara.

“Kedepannya sinergitas ini akan tetap dijalankan, masih banyak perusahaan yang menunggak yang akan ditagih melalui Kejaksaan karena memang sudah jatuh tempo lama,” tuturnya.

Kemudian pihaknya juga akan memanggil perusahaan-perusahaan yang belum daftar. Artinya ada semacam imbauan dari Kejaksaan bahwa yang belum menjadi peserta, wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena sudah menjadi kewajibannya.

Meski begitu, BPJAMSOSTEK pada Desember mendatang akan memperpanjang MoU terkait kerjasama dengan Kejari Depok. Indra berharap, pengusaha, badan usaha, dan pemilik usaha khususnya di Kota Depok masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena itu sudah merupakan kewajiban dan hak bagi pekerjanya.

Indra menegaskan, apabila ada yang tidak melaksanakan hal tersebut, pihaknya akan memberikan peringatan, dan ujungnya melalui penegak hukum yang akan menindak perusahaan atau badan hukum yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Target kepesertaan di awal tahun ini untuk badan usaha itu sebesar 800 badan usaha, dengan tenaga kerja hampir 80.000 orang, Alhamdulillah itu sudah bisa tercapai,” ucap Indra

Indra menjelaskan, kerjasama dengan Kejari Depok dengan BPJAMSOSTEK sudah berjalan hampir tiga tahun. Selama ini kata dia, Kejari Depok sudah banyak membantu pihaknya.

Indra menambahkan, untuk penagihan piutang di 2019 pihaknya telah membuat SKK kepada Kepala Kejari Depok sebanyak 112 surat untuk memanggil perusahaan yang menunggak iuran BPJAMSOSTEK karyawannya. Jika tidak membayar iuran dan sudah mendapatkan teguran dan tetap belum membayar sambung Indra, perusahaan bisa dikenakan sanksi sesuai aturan pemerintah Pemerintah Nomor 86 tahun 2013.

“(Sanksi, red) akan terkena penghentian layanan publik kepada pemilik perusahaan atau penghentian pelayanan pengajuan perizinan sementara perusahaan oleh instansi berwenang di lingkungan pemerintah kota,” tandasnya.

Kepala Kejari Depok, Yudi Triadi mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan kinerja sebagai badan negara. “Tentu kedepannya kami akan terus bersinergi dengan BPJAMSOSTEK. Dan kami berharap terus meningkatkan pelayanan,” singkatnya. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ulang tahun pesona square

The One Pesona Square Manjakan Pengunjung

MERIAH : Mall Pesona Square Rayakan Anniversary pertama dimana menyuguhkan acara-acara yang menarik. FOTO :

Read More...
Maulid Nabi Muhammad SAW SMPN 3 Depok

SMPN 3 Kuatkan Karakter Siswa yang Islami

KEAGAMAAN : Ustadzah, Lulu Susanti sedang berinteraksi dengan salah satu siswa SMPN 3 Depok dalam

Read More...
pembekalan siswa SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Bekali Siswa Etika Dunia Kerja

MATERI : Pemberi materi etika dunia kerja, Nurliana sedang menyampaikan materi di hadapan siswa kelas

Read More...

Mobile Sliding Menu