Belasan Karung Sampah Terangkut dari Drainase Jatijajar

In Satelit Depok
SAMPAH : Satuan Petugas (Satgas ) banjir, sedang mengeruk sampah di selokan di dekat kantor  Kelurahan Jatijajar,  Tapos, Rabu(6/11). FOTO : CHRISTINE/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Kurangnya kesadaran warga akan kebersihan, membuat Satuan Petugas Banjir (Satgas Banjir) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok bekerja ekstra mengangkut sampah hingga belasan karung di drainase Kelurahan Jatijajar, Tapos.

Pengerjaan di mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB, dibantu warga sekitar Satgas menyisir drainase dari depan PLN Jatijajar hingga kantor kelurahan, dimana tumpukan sampah tersebut dikeluhkan, karena menyebabkan banjir.

Seperti penuturan Ketua RW04 Kelurahan Jatijajar, Yudi Widianto. Bebersih ini, kata dia, lantaran banyaknya keluhan dari masyarakat. Sehingga, ia menghubungi Satgas Banjir Dinas PUPR Kota Depok untuk membantu membersihkan drainase.

“Karena tersumbat sampah, jelas mengganggu warga sekitar kalau sampai meluap airnya ke pemukiman warga. Saya harap setelah dibersihkan, tidak ada lagi banjir dan keluhan warga,” kata Yudi kepada Radar Depok, Rabu (6/11).

Namun, setelah dibersihkan, sambung Yudi, warga pun diminta untuk menjaga kebersihan lingkungannya, minimal tidak membuang sampah sembarangan atau sampai ke saluran air.

“Kan sudah banjir kemarin. Masa mau banjir lagi dan minta tolong Satgas bersihin terus. Jadi, harus kita sendiri yang menjaganya,” ucap Yudi.

Sementara, Warga RT03/04,  Abas (47) mengaku senang Satgas Banjir membantu mengeruk sampah di drainase yang ada di wilayahnya. Ia menilai, sampah yang menumpuk tersebut bukan dari kurangnya kesadaran warga di RT setempat. Tetapi, sampah kiriman dari daerah lain.

”Mungkin kordinasi dengan RW setempat ya, agar tidak membuang sampah di pinggiran sungai, sehingga tidak terbawa dan mengendap di tempat kita,” ucap  Abas.

Di tempat yang sama, koordinator Satgas Banjir Dinas PUPR, Edi Syam mengungkapkan, pihaknya telah membantu membersihkan drainase di Kelurahan Jatijajar sejak Selasa (5/11), dan giat tersebut bakal berlanjut hingga Kamis (7/11).

“Mungkin selesai esok hari, karena banyak sampah menumpuk di saluran air di sini. Kemarin dapat dua mobil bak, hari ini (Rabu 6/11) bisa lebih,” ungkapnya.

Edi  menambahkan, sampah yang berhasil diangkat dari drainase langsung di bawa ke Tempat pebuangan Sampah Akhir (TPA) Cipayung.

“Kami harap, warga juga dapat berkontribusi dan tergugah kesadarannya setelah kami bantu bersihkan. Minimal tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Christine

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Sah! Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.   JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi ditunjuk oleh Menteri

Read More...

Kolaborasi Apik Maulid Nabi SDN Mekarjaya 15

KEAGAMAAN : Kepala SDN Mekarjaya 15, Sutirah sedang menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad

Read More...

Bawah Pohon

  Oleh : Dahlan Iskan   SAYA kecewa --campur bangga. Saat membaca komentar-komentar di DI's Way Selasa (18/11). Mengapa Anda, Mr. Xiong

Read More...

Mobile Sliding Menu