Thamrin : Seimbangkan Prestasi Akademik dan Non Akademik

In Pendidikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Prestasi yang diraih siswa-siswa SDN Sukamaju 2 dari ekstrakulikuler (ekskul) Marching Band Gita Sinatria menjadi juara di ajang Champions Elemntary School Class, membuktikan kalau prestasi tidak hanya terbatas di bidang akademik, tetapi juga bisa dari ranah non akademik.

Hal itu yang diutarakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin.

Thamrin berpendapat, potensi dan bakat anak bermacam-macam, dan itu harus diwadahi pihak sekolah. Karena, di sekolah tidak hanya tentang pendidikan akademik saja, tetapi juga merambah pada sisi lainnya dalam kehidupan. Yaitu, bisa sisi sosial, ketrampilan, karakter, dan sisi humanis lainnya.

“Sekolah adalah tempat mendidik danembina orang. Menjadikan orang lebih baik lagi, dan kaya akan ilmu pengetahuan serta ilmu sosial dan keagamaan,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (08/10).

Thamrin menjelaskan, prestasi siswa SDN Sukamaju 2 menjadi contoh, jika potensi dan bakat siswa diasah dan diarahkan, akan berbuah prestasi. Oleh karena itu, perlu adanya wadah-wadah potensi dan bakat siswa, yakni dengan kegiatan ekskul.

“Bisa eskul dalam bidang akademik, seni dan budaya atau ketrampilan yang lainnya,” katanya.

Tidak hanya itu saja, untuk bisa mencapai tujuan pendidikan yang maksimal, tentunya pihak sekolah juga harus melibatkan orang tua siswa. Jadi ada koordinasi yang baik, dengan komunikasi yang intens. Jadi, pendidikan di sekolah singkron dengan pendidikan di rumah.

Pihak sekolah juga harus bisa membuat inovasi program yang baik dan bagus untuk siswa. Dengan program yang baik, nantinya pasti akan dapat respon yang baik juga dari orang tua siswa. Sehingga, dengan sendirinya orang tua akan mendukung kegiatan sekolah baik secara moril ataupun materil.

“Harus saling dukung antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Jadi, pendidikan dan pembinaan untuk anak, akan optimal dan lebih terarah dengan baik,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu