Siswa SMK Depok Adu Bakat di Festival Bahasa dan Sastra

In Pendidikan
LOMBA : Peserta debat sedang adu argumen dalam acara Festival Bulan Bahasa dan Sastra 2019 yang diadakan MGMP Bahasa Indonesia Kota Depok dan SMK Informatikan Utama, Kamis (31/10). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia dan SMK Informatika Utama bekerjasama mengadakan Festival Bulan Bahasa dan Sastra 2019, Kamis (31/10). Kegiatan yang diikuti SMK se-Kota Depok tersebut, ada tiga lomba yang digelar, yakni lomba debat, poster, dan musikalisasi puisi.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Kasi Pengawasan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2, I Made Supriatna, Ketua MKKS SMK Kota Depok Syafruddin dan Kepala SMKN 1 Depok Rochmatul Cholil.

Ketua Panitia, Faiza mengatakan, total ada 26 SMK, baik negeri dan swasta yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dimana, per-SMK untuk lomba musikalisasi puisi dan debat bahasa bisa mengirimkan satu tim. Sedangkan, untuk lomba desain poster bisa mengirimkan dua siswa per-SMK.


“Ini pertamakalinya untuk MGMP Bahasa Indonesia dan SMK Informatika Utama bekerjasama mengadakan acara Bulan Bahasa,” ucapnya kepada Radar Depok.

Faiza menjelaskan, untuk lomba debat ada sembilan tema pembahasan, dimana tema pembahasanya dipilih secara acak sebelun dimulai debat. Jadi, peserta tidak memiliki persiapan yang spontan untuk berdebatnya. Bahkan, lawan debat tiap peserta pun dipilih secara acak sebelum lomba dimulai.

Sedangkan, untuk lomba musikalisasi puisi ada satu puisi wajib, yakni puisi karya Sutardji Kalsumbahri yang berjudul ‘Walau’ dan satu lagi ada tiga puisi pilihan dari panitia untuk dibawakan.

“Lalu untuk desain poster ada dua tema pilihan, yakni mencintai bahasa Indonesia dan satu lagi semangat literasi,” katanya.

Tidak hanya perlombaan saja, tetapi di Festival Bulan Bahasa dan Sastra 2019 juga mengadakan seminar yang akan diadakan pada Sabtu, 2 November 2019 di Gedung PLN Cinere.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Kota Depok, Syafruddin menuturkan, ini adalah pembuktian dari siswa dari jenjang SMK memiliki kualitas untuk bisa meraih prestasi. Karena, selama ini berdasarkan data pengangguran, lulusan SMK banyak yang menjadi pengangguran. Oleh karena itu, menjadi tugas guru SMK untuk bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas.

“Ditargetkan lulusan SMK bisa memiliki nilai Ujian Nasional (UN) yang lebih tinggi ketimbang lulusan SMK, dan Bahasa Indonesia termasuk mata pelajaran di UN,” katanya. (rd)

 

Daftar Juara Festival Bulan Bahasa dan Sastra 2019

Lomba Desain Poster

Nama

Alfin Nur Rahman (SMK Informatika Utama)          Juara Pertama

Rizky Fadillah (SMKN 2 Depok)                                   Juara Kedua

Rian Basri (SMKN 3 Depok)                                          Juara Ketiga

 

Lomba Debat

Nama Sekolah                                     Keterangan

SMK Informatika Utama                  Juara Pertama

SMK Multikom Depok                      Juara Kedua

SMK Semesta Depok                         Juara Ketiga

 

Lomba Musikalisasi Puisi

Nama Sekolah                                     Keterangan

SMK Walisongo                                 Juara Pertama

SMK Ekonomika                               Juara Kedua

SMKN 1 Depok                                  Juara Ketiga

 

Best Speaker

Nama                                   Asal Sekolah

M. Rizky                             SMK Informatika Utama

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

akar rumput disinfektan

Akar Rumput Berbagi Lawan Covid-19

SEMPROTKAN DISINFEKTAN : Tim Akar Rumput Gerakan Berbagi Kebaikan melakukan penyemprotan cairan disifektan di sejumlah

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Data Minggu (5/4) Korona di Indonesia : 2.273 Positif, 198 Meninggal, dan 164 Sembuh

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan hingga Minggu (5/4) pukul 12.00 WIB, total ada 198 pasien

Read More...
kadin jakarta bantu depok

Ketua Kadin DKI Bantu Pemkot Depok Tanggulangi Korona

PERSIAPAN : Sejunlah persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi untuk

Read More...

Mobile Sliding Menu