SDIT Al-Muhajirin Gelar Manasik Haji

In Pendidikan
MANASIK HAJI : Siswa-siswi SDIT Al-Muhajirin Kota Depok, di Jalan Raya Nusantara, melakukan manasik haji sebagai pembekalan kepada para siswa sejak dini. FOTO : SDIT Al-MUHAJIRIN FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SDIT Al-Muhajirin Kota Depok, di Jalan Raya Nusantara mengadakan manasik haji, sebagai pembekalan kepada siswa sejak dini. Manasik tersebut,salah satu program LPIA Al-Muhajirin tiap tahun.

Wakil Kepala SDIT Al-Muhajirin, Darussalam mengatakan, manasik tersebut diikuti 101 siswa, dengan rincian 52 orang putra dan 49 putri.

“Tujuan manasik ini agar para siswa mengetahui rukun Islam yang kelima. Kemudian persiapan manakala siswa mempunyai rezeki yang luas, mereka sudah dilatih melihat tempat yang akan mereka temukan ketika Umrah dan Haji,” tutur Darussalam kepada Radar Depok.


Manasik haji juga diikuti para guru, wali kelas, guru PAI, dan guru praktik ibadah. Guna memaksimalkan giat manasi haji, acara dipandu pembimbing Kyai Qasim selaku pembina LPIA Al-Muhajirin, yang dibantu wali kelas. “Manasik haji ini rutin setiap semester pertama, dengan pakaian ihram yang sudah disiapkan sebanyak 60,” tuturnya.

Sementara alat praktik yang dipakai dalam manasik dibikin sendiri oleh sekolah, dan luas lapangan yang digunakan latihan manasik yaitu 50 meter. Menurut Darussalam, manasik perlu diawali dengan niat. Karena melakukan sesuatu itu harus diiringi dan dikuatkan dengan niat.

“Seperti belajar harus dikuatkan dengan niat. Insha Allah jika niatnya sudah bulat, belajarpun akan sungguh-sungguh. Selanjutnya ketika di Arafah itu, kami memberikan kepada mereka bahwa nanti akan seperti itu, dibungkus dengan kain kafan, dan perbanyak istighfar, karena setiap manusia pasti berdosa,” pungkasnya.(rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi virus korona size kecil

Sehari Tambah 218 Kasus Korona, Jumlah Tertinggi Perharinya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Hingga Senin (6/4) pukul 12.00 WIB, total ada 2.491 kasus virus Korona

Read More...
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Ini Harta Wagub DKI, Ahmad Riza Patria yang Ternyata Tidak Punya Hutang

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil

Read More...
imbauan penutupan pemancingan

Pemancingan di Sukamaju Baru Sepakat Tutup Sementara

HIMBAU : Lurah Sukamaju Baru bersama tiga pilar, tengah memberikan himbauan kepada pemilik pemancingan, Senin

Read More...

Mobile Sliding Menu