Presiden Jokowi : Seabad Indonesia Pendapatan Rp27 Juta per Kapita per Bulan

In nasional, Utama
Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

 

JAKARTA – Rp 27 juta per kapita per bulan, itu menjadi target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Indonesia pada tahun 2045. Perhitungannya Indonesia sudah menjadi negara maju dengan pendapatan Rp 320 juta per kapita per bulan.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut pada pidato perdana pascadilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di gedung MPR, Senayan, Minggu (20/10). Di awal pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, tahun 2045 adalah satu abad Indonesia merdeka.

“Insya Allah Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Mimpi kita di 2045 Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan 320 juta per kapita per tahun atau 27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita bersama,” ujar Presiden.

Pendapatan per kapita merupakan pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita adalah hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 pendapatan per kapita Indonesia US$ 3.927 atau sekitar Rp 56 juta per kapita per tahun. Jumlah tersebut, naik dibandingkan tahun 2017 yang mencapai Rp 51,9 juta dan 2016 Rp 47,9 juta per tahun.

“Mimpi kita di 2045, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 7 triliun USD, Indonesia sudah masuk lima besar ekonomi dunia, dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, angka yang ditargetkan tersebut sudah dikalkulasi. “Target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Namun semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. Harus disertai kerja keras dan kita harus kerja cepat. Harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif,” tegas Presiden Jokowi. (jpnn/rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Pordes Ragajaya Ungguli PSP Sawangan

MENANG : Tim Pordes Ragajaya berhasil mengalahkan Tim PSP Sawangan dengan skor 3-0, Selasa (12/11).

Read More...

Zakky-Heskey Raih Medali Perak  

BERPRESTASI : Dua siswa SDSN Pemuda Bangsa Kota Depok, Ilyas Zakky dan Sebastian Heskey meraih

Read More...

Persikad 1999 vs Pesik : Laga Hidup Mati

PEMANASAN : Pemain Persikad 1999 saat melakukan pemanasan sebelum bertandi di Stadion Mahakam, Kecamatan Sukmajaya.

Read More...

Mobile Sliding Menu