Overstay di Depok, Warga Amerika Ditangkap

In Metropolis
DITANGKAP : Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) Amerika Serikat dengan inisial DWS. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) Amerika Serikat dengan inisial DWS, di sebuah apartemen di daerah Cinere, belum lama ini.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Sukri Martin mengatakan, penangkapan dilandasi lantaran yang bersangkutan sudah overstay lebih dari 60 hari, dari batas waktu izin tinggal yang diberikan.

Lebih lanjut, sambung Martin, saat akan ditangkap, DWS sempat melawan. Bahkan mengeluarkan kata kasar kepada petugas. “Dia berupaya memancing emosi petugas. Tapi kami mengedepankan profesionalitas dalam bertugas dan secara persuasif, petugas menjelaskan pelanggaran keimigrasian yang dilakukan,” jelas Martin, Jumat (11/10)

Dikatakannya, DWS ditangkapan merupakan hasil operasi intelijen dan pengolahan data informasi dari Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

“Dia pemegang izin tinggal kunjungan dari Visa On Arrival (VoA). DWS masuk ke wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dan melakukan perpanjangan izin tinggal kunjungan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan,” tambahnya.

Namun setelah masa izin tinggal kunjungannya habis, yang bersangkutan tidak segera keluar dari wilayah Indonesia atau kembali ke negara asalnya. DWS beralasan tidak memiliki cukup uang untuk membeli tiket pesawat keluar dari wilayah Indonesia.

Atas kasus yang menjeratnya, DWS akan dikenakan Pasal 78 ayat 3 Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terkait Orang Asing pemegang Izin Tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam Wilayah Indonesia.

“Akan dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkapan,” tandasnya. (rd)

 

Penangkapan WNA oleh Kantor Imigrasi Depok :

Pelaku

– DWS

Asal

– Amerika Serikat

Lokasi Penangkapan

– Apartemen di wilayah Cinere

Pelanggaran

– Overstay lebih dari 60 hari, dari batas waktu izin tinggal yang diberikan

– Penangkapan hasil operasi intelijen dan pengolahan data informasi dari Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA)

Cara masuk ke Indonesia

– Pemegang izin tinggal kunjungan dari Visa On Arrival (VoA)

– Masuk ke wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

– Melakukan perpanjangan izin tinggal kunjungan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan

Aturan yang dilanggar

– Pasal 78 ayat 3 Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terkait Orang Asing pemegang Izin Tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam Wilayah Indonesia

Tindakan yang dilakukan

– Deportasi dan penangkapan

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu