Marching Band SDN Sukamaju 2 Juara se-Indonesia

In Pendidikan
JUARA : Kepala SDN Sukamaju 2, Neni Heryani bersama siswa-siswanya yang tergabung dalam ekskul marching band Gita Sinatria dengan membawa piala yang berhasil didapatkan dalam kompetisi Champions Elemntary School Class yang diadakan oleh Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) dari 4 – 6 Oktober 2019 di Senayan, Jakarta. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Ekstrakulikuler (ekskul) Marching Band di SDN Sukamaju 2  berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam sebuah kompetisi berskala internasional, yakni Champions Elemntary School Class yang diadakan oleh Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) dari 4 – 6 Oktober 2019 di Senayan, Jakarta. Dimana, dalam ajang tersebut ekskul marching band yang diberinama Gita Sinatria berhasil membawa tiga prestasi.

Kepala SDN Sukamaju 2, Nani Heryani mengatakan, prestasi yang pertama adalah menjadi Juara Pertama untuk  kategori lomba Drum Line Battle Elemtary School, lalu ada Juara Kedua Music Performance, dan Juara Keempat untuk kategori Sound Sport Elemtary School. Dengan torehan prestasi tersebut, SDN yang berlokasi di Jalan Setu Jatijajar, RT04/02, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos mendapatkan piala dan sejumlah uang pembinaan.

“Kami membawa 64 siswa dari kelas I -VI. Di kompetisi tersebut, kami bertanding dengan 14 SD dari beberapa wilayah di Indonesia,” ucapnya  kepada Radar Depok, Senin (07/10).

Nani menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, mereka mengambil tema Tangkuban Perahu. Jadi mengangkat tentang seni dan budaya Sunda yang merupakan khas dari Provinsi Jawa Barat, dan Kota Depok berada di dalamnya. Musik yang disajikan adalah musik kreasi, dengan ada tambahan dari drum set dan juga piano yang dibawakan juga oleh siswa. Jadi, lebih beragam lagi musik yang disajikan.

“Temanya tentu tentang yang khas dari Jawa Barat. Jadi, mensyiarkan tentang seni dan budaya Sunda kepada khalayak luas, termasuk ke anak-anak generasi bangsa. Karena sekarang ini pengaruh budaya luar ke anak-anak sangat kuat, jadi harus ada benteng untuk melestarikannya, dan sekolah mengambil peran dalam hal itu,” katanya.

Nani menuturkan, keberhasilan yang diraih siswa-siswanya tersebut tentu tidak terlepas dari peran orang tua siswa, yang memberikan dukungan penuh untuk siswa-siswa berkompetisi. Tidak hanya itu saja, SDN Sukamaju 2 juga telah menjalin kerjasama dengan PT. Mayora untuk operasional ekskul marching band.

 

PRESTASI : Marcello Gangsar Salawase, Siswa kelas V di SDN Sukamaju 2 sebagai perwakilan menerima piala Drumb Line Battle yang diadakan IDCC pada 4 – 6 Oktober 2019. FOTO : ISTIMEWA

 

Berkat adanya dukungan dan keseriusan dari orang tua dalam mengembangkan potensi dan bakat siswanya, tidak sedikit ekskul marching band SDN Sukamaju 2 juga kerap meraih prestasi. Sebelum di IDCC tersebut, ekskul Gita Sinatria juga berhasil menjadi Juara Umum Kedua Grand Prix Junior Band XVII – 2018 dan membawa pulang Piala Presiden.

“Renvcananya pada Bulan November 2019, kami akan mengikuti lagi Grand Prix Junior Band tersebut, dan targetnya menjadi Juara Umum pertama. Jadi, sekarang ini sedang latihan, agar bisa tampil lebih baik lagi,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu