LPM Duren Mekar Ajak Kembangkan Kebudayaan Betawi

In Satelit Depok
BERSAHABAT : Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi (kanan) bersama Cablak diwilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Jumat (18/10). FOTO : DICKY/RADARDEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DURENMEKAR – Perkembangan teknologi membuat perubahan pola peradaban masyarakat, salah satunya terhadap kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Betawi. Mengingal hal tersebut, LPM Kelurahan Duren Mekar mengajak masyarakat mengembangkan kebudayaan Betawi.

Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kahfi mengatakan, tidak dapat dipungkiri seni dan kebudayaan tradisional semakin tenggelam lantaran perubahan teknologi. Padahal di Kota Depok banyak kebudayaan, salah satunya kebudayaan Betawi. Untuk tidak tenggelam dengan perkembangan teknologi, Kahfi mengajak masyarakat untuk mengembangkan seni dan kebudayaan Betawi.

“Budaya itu tidak untuk dilestarikan namun dikembangkan,” ujar Kahfi kepada Radar Depok, Jumat (18/10).

Kahfi menjelaskan, seni dan kebudayaan Betawi seperti tari topeng dan lenong perlu dilakukan pengembangan. Hal itu untuk menarik minat masyarakat mempelajari seni dan budaya Betawi, bukan mempelajari kebudayaan orang asing. Mayoritas masyarakat Kota Depok berasal dari suku Betawi atau melayu Depok, sehingga sudah menjadi tugas bersama mengembangkan seni dan kebudayaan Betawi.

Sementara itu, Seniman Betawi, Andi atau yang biasa dikenal Cablak menuturkan, kebudayaan Betawi memang harus dikembangkan bukan dilestarikan. Banyak seni dan budaya yang menarik perhatian masyarakat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen di Kota Depok untuk mengembangkan seni dan budaya Betawi.

“Sudah saatnya seni dan kebudayaan dikembangkan untuk anak cucu kita,” tutup Cablak. (rd)

 

Jurnalis : Dicky Agung Prihanto (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Sawangan Baru Kuatkan Kota Layak Anak : Gelar Rakor, Kuatkan Seluruh Elemen Masyarakat

KUATKAN : Suasana rakor penyusunan rencana aksi Kota Layak Anak di kantor Kelurahan Sawangan Baru,

Read More...

Program SKPP Bawaslu Depok : Kepsek-nya Dede, Ketua Bawaslu Jabar Disambut Tari Topeng

BUDAYA : Kepala SKPP Bawaslu Depok, Dede Selamet Permana saat mengalungkan bunga ke Ketua Bawaslu

Read More...

Jatimulya Siap Wujudkan Delapan Fungsi Keluarga

RESMI : Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari (Tengah) bersama Lurah Jatimulya Epi Ardini

Read More...

Mobile Sliding Menu