Justru Jakarta yang Revitalisasi Tiga Situ di Depok

In Metropolis
NORMALISASI SITU : Pekerja melakukan normalisasi di Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Pemerintah Kota Depok melakukan normalisasi di tiga situ yakni Situ Rawa Besar, Situ Pladen, dan Situ Sawangan dengan dana hibah dari DKI Jakarta. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Tiga situ di Depok akan direvitalisasi Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Revitalisasi itu dilakukan di Situ Rawa Besar, Situ Sawangan, dan Situ Pladen dengan dana bantuan DKI Jakarta Rp25 miliar.

Sekretaris DPUPR, Cintra Indah Yulianty mengatakan, anggaran untuk merevitalisasi tiga situ di Depok, menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebesar Rp25 miliar.

Anggaran tersebut dimanfaatkan guna  menormalisasi, menurap dan membuat jogging track di Situ Sawangan dan Situ Rawa Besar. Sedangkan di Situ Pladen akan membangun penataan jogging track, taman dan lampu-lampu di sekeliling situ. “Anggaran revitalisasi dari Pemrov DKI Jakarta,” kata Citra kepada Radar Depok, Kamis (17/10).

Citra mengungkapkan,  penataan tiga  situ ini sangat berpengaruh  bagi DKI Jakarta. Sebab, setelah di keruk, ketiga situ ini akan memiliki daya tampung air lebih besar. Sehingga bila turun hujan deras dapat menahan air yang masuk ke DKI Jakarta.

“Jadi revitalisasi tiga situ ini bermanfaat bagi Kota Depok dan Jakarta. Penataan area situ dapat dimanfaatkan warga untuk rekreasi nantinya,” jelasnya.

Menurut Citra, tujuan utama revitalisasi ketiga situ ini untuk menghambat aliran air menuju Jakarta, dikala musim penghujan datang.

Setiap situ dikeruk dengan kedalaman  bervariasi, tergantung luas dan kedalaman situ yang ingin di capai. Seperti Situ Sawangan dikeruk sebanyak 40 ribu kubik dan Situ Rawa Besar dikeruk sebanyak 25 ribu kubik.

Dia menyebutkan, anggaran dari Pemprov DKI Jakarta cukup besar untuk kegiatan tersebut. Untuk Situ Rawa Besar sendiri, Pemprov DKI menggelontorkan anggaran sebesar Rp9,3 Miliar.

“Rp9,3 miliar ini dirinci untuk penurapan dan jogging track sebesar Rp2,6 miliar dan normalisai sebesar Rp7,1 miliar,” bebernya.

Dia menambahkan, untuk revitalisasi Situ Sawangan,  Pemprov DKI  menggelontorkan dana sebesar Rp13,8 miliar. Dengan rincian untuk penurapan dan pembuatan jogging track area sebesar Rp3 miliar dan normalisasi sebesar Rp10,8 miliar.

Lalu revitalisasi Situ Pladen Pemrov DKI menggelontorkan dana sebesar Rp1,9 miliar. Dana ini digunakan DPUPR Depok untuk penataan area situ, seperti penurapan, jogging track dan pembuatan saluran.

“Anggaran hibah ke Situ Pladen lebih kecil karena situ ini tidak dilakukan pengerukan seperti Situ Sawangan dan Situ Rawa Besar. Kami optimis semuanya bisa selesai dikerjakan hingga akhir Desember 2019,” tandas Citra. (rd)

 

Normalisasi Situ di Depok

Sasaran

– Situ Rawa Besar

– Situ Sawangan

– Situ Pladen

Estimasi Anggaran

– Rp25 miliar

Sumber Anggaran

– Bantuan Pemprov DKI Jakarta

Titik Normalisasi

– Situ Sawangan dan Situ Rawa Besar : turap dan membuat jogging track, dan dikeruk

– Situ Pladen : penataan jogging track, taman, dan lampu-lampu di sekeliling situ, serta dikeruk

Fungsi Normalisasi

– Setelah di keruk, ketiga situ ini akan memiliki daya tampung air lebih besar

– Sehingga bila turun hujan deras dapat menahan air yang masuk ke DKI Jakarta.

Teknis Pengerukan

– Pengerukan bervariasi, tergantung luas dan kedalaman situ yang ingin di capai

– Situ Sawangan dikeruk sebanyak 40 ribu kubik

– Situ Rawa Besar dikeruk sebanyak 25 ribu kubik

Rincian Anggaran Tiap Situ

– Situ Rawa Besar (Rp9,3 miliar) : jogging track (Rp2,6 miliar) dan normalisasi (Rp7,1 miliar)

– Situ Sawangan (Rp13,8 miliar) : penurapan dan pembuatan jogging track area (Rp3 miliar) dan normalisasi (Rp10,8 miliar)

– Situ Pladen (Rp1,9 miliar)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Brawijaya Hospital Bojongsari Hadirkan Trauma Centre Sekaligus Launching Special Card

DILUNCURKAN : Brawijaya Hospital Bojongsari menghadirkan Trauma Centre dan meluncurkan Special Card. FOTO : FEBRINA/RADAR

Read More...

Cucu Ketiga Jokowi Perempuan dan Agak Mirip Jan Ethes

AKRAB : Presiden Jokowi didampingi keluarga. Yakni, sang istri Iriana, Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang

Read More...

SMKN 2 Buka Program Magang ke Taiwan

INTERNASIONAL : SMKN 2 Depok sedang mengadakan sosialisasi ke siswanya tentang Program Kuliah dan Magang

Read More...

Mobile Sliding Menu