JKN-KIS Perlindungan Kesehatan Bagi Semua

In Metropolis
RASAKAN MANFAAT : Peserta JKN-KIS asal Kota Depok, Rusmiaty mengungkapkan bahwa hadirnya Program JKN-KIS telah memberikan akses dan kesempatan bagi masyarakat untuk melindungi diri. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kesadaran masyarakat untuk memproteksi diri dengan JKN-KIS kian meningkat. Hal ini menjadikan kepesertaan Program JKN-KIS terus mengalami peningkatan menuju cakupan semesta.

Manfaat yang ditawarkan hingga dukungan dari pemerintah memang menjadi salah satu indikator yang mempengaruhi masyarakat kian sadar untuk menjadi peserta JKN-KIS. Di Kota Depok saja, penduduk yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS telah mencapai lebih dari 1,3 juta penduduk. Angka tersebut pun kian bertambah setiap harinya.

Salah satu peserta JKN-KIS asal Kota Depok, Rusmiyati, mengungkapkan bahwa hadirnya Program JKN-KIS telah memberikan akses dan kesempatan bagi masyarakat untuk melindungi diri. Menurutnya manfaat JKN-KIS yang begitu besar dengan iuran yang murah tentu akan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Sehingga tak hanya orang kaya saja yang dapat memproteksi diri, akan tetapi masyarakat menengah ke bawah pun dapat melakukannya dengan mendaftar JKN-KIS.

“Menurut saya JKN-KIS ini sangat bagus. Dibandingkan dengan asuransi komersial, iuran JKN-KIS jauh lebih murah padahal manfaatnya jauh lebih besar. Namanya juga asuransi sosial ya, jadi terjangkau semua lapisan masyarakat. Bahkan suami saya sendiri sampai saat ini rutin kontrol untuk pengobatan jantungnya, namun tidak ada satu sen pun yang kami keluarkan,” ungkap Rusmiyati.

“Apalagi JKN-KIS ini juga tidak ada sistem limit atau plafon jadi kalau berobat bisa tenang. Berbeda kalau asuransi komersial yang menggunakan sistem plafon, kita bisa was-was takut plafonnya sudah habis. Belum lagi kalau asuransi komersial tidak digunakan, jadinya hangus,” lanjut Rusmiyati

Rusmiyati mengungkapkan bahwa selain untuk memproteksi diri, alasan ia memilih JKN-KIS dibandingkan dengan asuransi komersial adalah untuk menabung amal. Menurutnya iuran yang dibayarkan akan menjadi ladang amal bagi dirinya jika ia tidak menggunakan JKN-KIS. Karena iuran tersebut digunakan untuk membantu sesama.

Rusmiyati pun mengajak kepada semua masyarakat yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS. Karena saat inilah kesempatan untuk melindungi diri. Ibarat sedia payung sebelum hujan, maka daftar JKN-KIS selagi sehat. (rd)

 

Jurnalis : M. Agung HR (IG: @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Cipayung Ajarkan Membatik Khas Jepang

HASIL KARYA : Kasie Ekbang Kecamatan Cipayung Suryadi dan Anggota UMKM Kecamatan Cipayung menunjukan hasil

Read More...

Mekarjaya Menyapa Sekolah : Dua Minggu Sekali, Harus Terus Berlanjut

GEMBIRA : Keceriaan saat foto seluruh murid kelas X Yaspen SMA Tugu Ibu bersama Lurah

Read More...

Satu Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Sawangan

RUSAK : Anggota UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari melakukan pemangkasan pohon tumbang yang menimpa

Read More...

Mobile Sliding Menu