Farida Ajak Hijaukan Margonda

In Politika
FOTO : Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Depok.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Tengku Farida Rachmayanti mengajak seluruh stakeholder di Kota Depok untuk menghijaukan Jalan Margonda yang merupakan etalase dan jalan utama di Kota Sejuta Maulid.

Bakal Calon Walikota Depok itu mengungkapkan, Jalan Margonda sebagai pusat kota, penataannya harus dilakukan secara berkesinambungan, karena menggambarkan wajah kota secara umum.

“Margonda harus dipercantik agar menjadi kebanggaan warganya. Menjadikan tempat yang nyaman bagi keluarga dan masyarakat merajut kebersamaan,” kata Faridakepada Radar Depok, Jumat (18/10).

Selain merujuk ke rencana tata ruang wilayah, dewan yang akrab disapa Bu Opi ini melanjutkan, penataan Margonda bisa mengacu pada konsep penyelenggaraan Kota Hijau.

Menurutnya, sebuah konsep pembangunan kota berkelanjutan dan ramah lingkungan yang dicapai dengan strategi pembangunan seimbang antara pertumbuhan ekonomi, kehidupan sosial dan perlindungan lingkungan.

Selain itu, ‘Menghijaukan’ Margonda, bukan hanya membuat rimbun tamannya.  Sebab, ada beberapa atribut yang dibutuhkan, di antaranya perencanaan dan disain yang berwawasan lingkungan, keberadaan ruang terbuka hijau, bangunan hijau, transportasi hijau dan pengelolaan sampah ramah lingkungan. “Lima atribut itu yang menurut saya harus dilakukan,” paparnya.

Menata Jalan Margonda merupakan tantangan tersendiri. Sebab, Bu Opi menilai masalah pedestrian, pedagang kaki lima, kapasitas ruas jalan, pengelolaan taman, titik genangan air saat hujan, parkir, sampah kuliner adalah sekian hal yang harus dicari solusinya, serta “ditelateni” dengan kesungguhan.

“Mengapa, karena secara status aset, ada bagian jalan milik pemerintah pusat. Sehingga dibutuhkan komunikasi dan koordinasi yang intens secara vertikal,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, RTH di Margonda walaupun kondisinya minimalis, wajib untuk dijaga dan jangan sampai ada yang berubah fungsi. Untuk itu, harus dipertahankan luasan dan kualitas eksisting. Spot yang mengalami penurunan fungsi harus direhabilitasi.

“Strategi lain bisa dipilih dengan mengembangkan taman atap dan taman-taman vertikal pada kawasan perkantoran dan kawasan perdagangan dan jasa. Tentu dibutuhkan kebijakan yang menstimulasi partisipasi masyarakat untuk ikut mempercantik Margonda,” katanya.

Terkait dengan pedestrian, Bu Opi memiliki solusi jitu untuk menatanya,  pertama sebelum berpikir memperluas, minimal membuatnya lenggang bagi para pejalan kaki. Menurutnya, kolaborasi Dinas Perdagangan dan Satpol PP dibutuhkan untuk menata para pedagang kaki lima. “Ini semangatnya mencari jalan keluar agar usaha mereka berkelanjutan,” urainya.

Kedua, lanjut Bu Opi, mencari solusi parkir. Sebab, konsekuensi lanjutnya perlu direncanakan pengadaan moda transportasi yang menghubungkan berbagai spot perbelanjaan, kuliner dan layanan jasa lainnya. Sehingga mengurangi kendaraan pribadi.

“Demikian juga dengan lajur sepeda, itu bisa dicoba kembali, seiring dengan upaya mengurai kemacetan. Sebagai sarana edukasi masyarakat tentang transportasi hijau,” terangnya.

Wakil rakyat dari Beji-Cinere-Limo ini menambahkan, Margonda akan semakin kinclong, jika dijaga betul dari tumpukan sampah. Karena itu, Margonda selayaknya memiliki sistem pengelolaan sampah tersendiri dengan gerakan 3R-nya yang melibatkan peran masyarakat dan swasta. Kemudian, akan menjadi menarik jika dibentuk komunitas hijau Margonda,  agar gerakan penyelamatan lingkungan ini dapat berjalan efektif.

“Margonda hijau dengan kenyamanannya, bukan hanya menguntungkan bagi para pelaku niaga dan jasa. Tapi juga memberikan kebahagiaan bagi warga sekitar dan masyarakat kota Depok,” ucap Bu Opi. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah (IG : @iky_slank)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Brawijaya Hospital Bojongsari Hadirkan Trauma Centre Sekaligus Launching Special Card

DILUNCURKAN : Brawijaya Hospital Bojongsari menghadirkan Trauma Centre dan meluncurkan Special Card. FOTO : FEBRINA/RADAR

Read More...

Cucu Ketiga Jokowi Perempuan dan Agak Mirip Jan Ethes

AKRAB : Presiden Jokowi didampingi keluarga. Yakni, sang istri Iriana, Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang

Read More...

SMKN 2 Buka Program Magang ke Taiwan

INTERNASIONAL : SMKN 2 Depok sedang mengadakan sosialisasi ke siswanya tentang Program Kuliah dan Magang

Read More...

Mobile Sliding Menu