Depok Paling Aman di Jabar

In Satelit Depok
PEMADAMAN : Personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok sedang melakukan praktik penanganan kebakaran di lahan kosong samping Kantor Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Senin (7/10). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Berdasarkan letak geografis yang jauh dari lautan dan gunung berapi, menjadikan Kota Depok sebagai kota paling aman di Jawa Barat (Jabar). Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, R. Gandara Budiana saat mengadakan penyuluhan Mitigasi di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Senin (7/10).

“Itu berdasarkan Indeks Rasio Indonesia. Karena Depok jauh dari lautan, gunung berapi serta tanah longsor,” kata Gandara kepada Radar Depok.

Meski didapuk menjadi kota paling aman, mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok ini melanjutkan, angka kebakaran di Kota Sejuta Maulid mencapai 273 kejadian pada 2018, dimana penyebab utamanya hubungan arus pendek listrik.

“Selain itu, juga ada 337 kali penyelamatan atau evakuasi, seperti penyelamatan hewan, pohon tumbang dan lain sebagianya,” ucap Gandara.

Sementara, Camat Cimanggis, Eman Hidayat mengharapkan, penyuluhan mitigasi yang dihadiri ketua RW, ketua RT, Posyandu, Posbindu, dan perwakilan dari sekolah-sekolah dapat menjadikan warganya menjadi lebih disiplin.

“Cimanggis memiliki jumlah penduduk 47 ribu jiwa. Saya harap pola hidup masyarakat lebih disiplin, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan membakarnya. Hal ini demi kebaikan bersama,” ucap Eman.

Di tempat yang sama, Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid agar masyarakat benar-benar menyerap ilmu yang diberikan personel Damkar dan Penyelamatan Kota Depok. Kemudian, dapat ditransfer ke keluarga maupun tetangga di lingkungan.

“Semoga penyuluhan mitigasi ini bermanfaat,” tukas Iqbal. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu